Sunday, January 15, 2012

8 Buku Pemenang 800-CEO-Read Business Books Award 2011


Views :625 Times PDF Cetak E-mail
Minggu, 15 Januari 2012 05:18
Entrepreneur harus terus menerus memperbaharui pengetahuannya. Membaca buku-buku berkualitas yang ditulis oleh pakar-pakar dengan kompetensi dan pengalaman yang tiada duanya adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memperbaharui dan memperkaya pengetahuan entrepreneurship.

Bagi Anda yang suka membaca, buku-buku ini merupakan rekomendasi untuk segera dibaca di waktu luang Anda. Buku-buku ini menjadi pemenang dalam 8 kategori dalam penghargaan buku yang diadakan oleh situs 800ceoread.com. Selamat menyimak!


Bisnis Umum

The Quest: Energy, Security, and the Remaking of the Modern World oleh Daniel Yergin, terbitan Penguin Press
Dalam buku ini, Daniel Yergin menjabarkan penghargaan Pulitzer Prize yang ia raih mengenai sejarah minyak, untuk menangkap gambaran keseluruhan minyak sebagai suatu sumber energi modern. Kisah yang ia sampaikan ini memakai judul-judul yang singkat dan menarik dan pada saat yang sama juga menggali lebih dalam dan dramatis kepribadian di balik layar dan manuvernya. Ia membawa pembaca dari Laut Kaspia ke Nigeria, Venezuela hingga Teluk Persia, Cina dan semua tempat di antaranya. The Quest tebalnya lebih dari 700 lembar dengan kisah dan detil yang memukau.

Kepemimpinan

Great by Choice: Uncertainty, Chaos, and Luck—Why Some Thrive Despite Them All oleh Jim Collins & Morten T. Hansen, terbitan HarperBusiness
Berdasarkan pada penelitian selama 9 tahun, buku ini ialah suatu buku yang mampu mengidentifikasi dan membedah perusahaan yang tak hanya telah memecah rekor secara statistik tetapi juga berhasil melejit dalam situasi krisis yang menghadangnya. Namun di luar penelitian itu, buku ini mudah dipahami, nasihat yang bisa diterapkan, contoh yang mudah diingat. Semua ini mendorong pembaca untuk lebih mau berubah dan memperbaiki diri. Collins dan Hansen nampaknya berhasil melakukan semua itu. Keduanya mempersembahkan sebuah buu yang dengan tanpa cacat menunjukkan pemahaman tentang bagaimana pilihan yang kita buat menentukan nasib bisnis yang kita jalankan.

Manajemen
Designing for Growth: A Design Thinking Toolkit for Managers oleh Jeanne Liedtka & Tim Ogilvie, terbitan Columbia Business School Publishing
Mayoritas manajer mungkin tak menganggap diri mereka sebagai desainer. Mereka mengatur orang dan proses. Buku ini mengajak manajer untuk berpikir bagaimana semua pekerjaan ini berinteraksi dengan pelanggan, bagaimana ruang di mana semua aktivitas ini dilaksanakan (baik secara nyata atau metaforis) dan sebagainya. Dengan memperlakukan manajemen sebagai proses desain, manajer bisa membuat sistem yang memiliki kualitas di dalamnya. Buku ini menjadi panduan untuk membuat perubahan itu dan sumber yang tepercaya bagi mereka yang memimpin orang lain dalam bisnis.

Pemasaran dan Penjualan

The Thank You Economy oleh Gary Vaynerchuk, terbitan HarperBusiness
Gary Vaynerchuck pernah menunjukkan pada kita bagaimana menggunakan jejaring sosial untuk mengubah passion kita menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan dalam bukunya "Crush It". Kini "The Thank you Economy"" merinci bagaimana jejaring sosial bisa dimanfaatkan utnuk mempertahankan dan memperbaiki bisnis yang ada dan memungkinkan kepribadian orang di semua tingkatan perusahaan untuk menciptakan percakapan yang otentik, tulus dan nyata mengenai bagaimana bisnis dilaksanakan. Buku ini penuh dengan kisah-kisah nyata dan bermanfaat serta ide-ide mengenai bagaimana menggunakan layanan pelanggan, strategi, inovasi dan penjualan dan pemasaran untuk menciptakan perusahaan yang kokoh dan bisa bertahan lama. "The Thank you Economy" ialah buku panduan penting bagi mereka yang tertarik memaksimalkan jejaring sosial dalam upaya peningkatakan kinerja perusahaannya.

Entrepreneurship dan Bisnis Kecil
Buku ini ditulis oleh seorang entrepreneur berpengalaman dan menyoroti inovasi yang dihasilkan usaha rintisannya, pelajaran yang dipelajari oleh mereka yang masih belum berhasil dan bagaimana tindakan yang mengantar mereka menuju sukses bisa ditiru dan menggiring mereka menuju bisnis yang amat sukses, kata Ries. Berdasarkan persepsi lean manufacturing, buku ini membahas bagaimana mendekati pelanggan, mendesain produk dan jasa yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan dan kemudian menyederhanakn prosesnya dan prosedurnya untuk membantu usaha rintisan menjadi lebih sukses. Sangat menarik dan bermanfaat bagi entrepreneur yang hampir putus asa dengan usahanya yang tak kunjung maju.

Pengembangan Diri

Uncertainty: Turning Fear and Doubt Into Fuel for Brilliance oleh Jonathan Fields, terbitan Portfolio

Sekilas "Uncertainty" terlihat sebagai salah satu buku yang diperuntukkan bagi mereka penyuka risiko. Dan meski memuat kisah-kisah sukses, nampaknya isinya juga tak sekadar anekdot. Penulisnya Jonathan Fields mempersembahkan alat, bakat dan sifat yang dimiliki orang sukses semacam Randy Komisar, Sebastian Junger, dan Haruki Murakami untuk mendaki puncak keberhasilan.Praktik menjadi kata kunci di sini dan untuk bisa tahan terhadap ketidakpastian , seseorang tak perlu bakat alami tetapi ia bisa melatih diri agar bisa membuat perubahan-perubahan kecil dan komitmen untuk melaksanakan pekerjaan yang amat disukainya meskipun risiko tinggi di depan muncul.

Inovasi dan Kreativitas

Best Practices Are Stupid: 40 Ways to Out-Innovate the Competition oleh Stephen M. Shapiro, terbitan Portfolio
Jangan berpikir di luar kotak. Buatlah kotak yang lebih baik! Buku Shapiro ini membahas mengenai bagaimana membuat perbaikan, menemukan solusi terhadap masalah dan menangani sejumlah tantangan dengan tidak mengikuti metode yang biasa. Melalui penelitian, studi kasus, pandangan milik Shapiro, inilah buku yang bisa segera dipraktikkan.


Keuangan dan Ekonomi

Fixing the Game: Bubbles, Crashes, and What Capitalism Can Learn from the NFL oleh Roger Martin, terbitan Harvard Business Review Press
Berkebalikan dari tema buku-buku sejenis, buku Martin malah membahas permainannya. Terdapat banyak perbaikan pemikiran dalam buku ini. Buku-buku terbaik selama beberapa tahun belakangan ini fokus pada tantangan ekonomi terbaru.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/pendidikan/serba-serbi/165-entrepreneurship/14313-8-buku-pemenang-800-ceo-read-business-books-award-2011.html

No comments:

Post a Comment