Wednesday, January 18, 2012

5 Kiat Dalam Memanfaatkan Email Marketing

Views :168 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 19 Januari 2012 12:33
Di tengah maraknya peran media sosial dalam pertumbuhan serta perkembangan bisnis kecil, keberadaan email marketing masih patut diperhitungkan. Ada dua alasan mengapa email atau surat elektronik tetap efektif untuk diakses. Pertama, surat elektronik sudah begitu familiar dan banyak orang yang nyaman menggunakannya. Kedua, surat elektronik bersifat universal atau umum.

emailKetika media sosial membahana, banyak yang kemudian beralih ke jejaring sosial dan blog dalam menjalin interaksi, memasarkan produk dan menciptakan kredibilitas usaha. Tak jarang juga yang memanfaatkan telepon dan menghindari pengiriman surat elektronik.

Hal tersebut tak salah tapi satu hal yang tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak khalayak yang menggunakan email. Karenanya, pemasaran melalui surat elektronik masih layak digunakan di sela-sela pemanfaatan media sosial serta telemarketing.

Berikut lima hal mengenai email marketing yang wajib diketahui para pelaku bisnis kecil.

1. Email harus tepat sasaran
Hindari untuk mengirim email yang tidak diminta oleh pelanggan, terlebih isi surat elektronik tersebut tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda. Kirimkan email yang mudah dimengerti serta gampang diakses konsumen baik dari segi konten maupun kapasitas bandwith-nya. Untuk memeroleh email subscribers baru, rancang formulir di website atau laman jejaring sosial.

Perlu diingat, tak ada manfaatnya mengirim email kepada orang yang tak memiliki minat atau kepentingan dengan bisnis Anda. Tapi, mengetahui bahwa email Anda bisa diterima oleh orang yang tepat merupakan sesuatu hal yang tak ternilai harganya.

2. Email harus berisi informasi yang berkualitas
Umumnya surat elektronik yang dikirim pelaku bisnis berisi konten yang hanya mengandalkan sisi komersial. Bila demikian, jangan salahkan pelanggan bila mereka mengambil tindakan unsubscribe.

Di lain pihak, bila pelaku usaha kecil mengirim email dengan konten yang berkualitas, konsumen akan secara otomatis menyukai dan membacanya. Lalu bagaimana kriteria konten email yang berkualitas tersebut?

Konten itu harus berisi informasi yang memang dibutuhkan serta menguntungkan konsumen misalnya tentang penawaran harga atau produk khusus, berita-berita mengenai industri yang terkait dan tips yang dapat membantu masyarakat agar bisa menghemat pengeluaran serta efisien dalam menggunakan uang.

3. Tidak berlebihan dalam desain
Surat elektonik dengan desain sederhana biasanya lebih banyak diakses oleh masyarakat dibanding surat elektronik dengan template desain yang mewah dan rumit. Mengapa? Sebab, bagi sebagian besar penerima, teks menyimbolkan informasi sementara gambar atau foto menyimbolkan iklan.

Perlu diingat bahwa pesan teks cenderung membuat pengirim lebih fokus dengan pesan yang ingin disampaikan, sementara desain template cenderung menyulitkan penerima karena harus ekstra fokus dengan link dan pesan yang disampaikan. Bisa dikatakan, desain sederhana lebih baik.

4. Bagian subject sama pentingnya dengan pesan email itu sendiri
Bila Anda serius memanfaatkan email marketing, salah satu hal yang paling penting adalah keterbukaan. Dan tak ada hal yang berkaitan dengan pengiriman email serta keterbukaan si pengirim yang dapat membawa dampak besar terhadap kemajuan bisnis, selain bagian email subject itu sendiri. Ada baiknya buat email subject yang efektif dan benar-benar mencerminkan isi pesan dari surat elektronik tersebut.

5. Membuat jadwal pengiriman email
Pernahkah Anda mengalami kejadian seperti ini. Di tengah kesibukan menerima email dengan pesan yang hampir sama dalam kurun waktu yang juga hampir bersamaan? Bagaimana rasanya? Sangat mengganggu bukan? Sebagai pelaku usaha, Anda tentunya tak ingin konsumen potensial merasakan hal serupa.

Pandai-pandailah mengatur jadwal pengiriman surat elektronik kepada konsumen dan hindari untuk mengirim email dengan topik bahasan yang sama dalam kurun waktu yang relatif bersamaan. (*/berbagai sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/14449-5-kiat-dalam-memanfaatkan-email-marketing.html

No comments:

Post a Comment