Hits : 1354 |
Sabtu, 17 Maret 2012 06:32 |
Email marketing
ialah cara efisien untuk terus berhubungan dengan berbagai prospek atau
klien yang sudah kita dapatkan. Ia juga bisa digunakan sebagai
pengingat bagi mereka untuk mendapatkan produk atau jasa kita. Email
marketing terkesan sederhana namun sesungguhnya tak semudah itu.
Untuk memiliki kemampuan untuk
mengubah prospek menjadi konsumen setia melalui email marketing,
diperlukan 5 kunci sukses berikut ini.
1. Berikan manfaat/ nilai
Mengirimkan sebuah email bernada
penawaran hanya untuk menjaga ‘hubungan’ yang sudah ada adalah cara
terbaik untuk kehilangan pelanggan. Mengirimkan email marketing ke
sebanyak mungkin orang tak cukup. Anda harus bisa membuat mereka
tergerak untuk membuka dan membaca hingga akhir email Anda dan melakukan
himbauan Anda.
Intinya, itu semua tidak akan
tercapai saat Anda belum diakui sebagai sebuah sumber informasi yang
tepercaya. Anda harus mengirimkan sebuah email yang dinantikan karena
memberikan manfaat bagi mereka. Jadi bukan semata menawarkan langganan
email mingguan dan hanya untuk mampir dalam kotak masuk email dan
dihapus.
2. Tetap singkat
Email Anda akan berpeluang lebih
tinggi untuk dibaca saat isinya langsung ke pesan utama. Jarang sekali
orang yang akan menghabiskan waktu membaca sebuah email, kecuali itu
email pribadi atau email yang menurut mereka sangat menarik. Di samping
itu, penting artinya bagi Anda untuk menjaga prospek yang ada agar
mereka tetap fokus pada para pembaca yang tertarik. Tetap buat email
sesingkat mungkin dan buat daftar kontak yang realistis . Mengirim email
sekaligus ke 3000 alamat email sekaligus mungkin tak akan terlalu
efektif dibandingkan dengan mengirim ke email 300 orang yang
benar-benar tertarik.
3. Pastikan audiens Anda ingin mendapat kabar terbaru
Jangan mengirimkan spam.
Mengirimkan email berkali-kali kepada prospek yang tak pernah meminta
Anda untuk dikirimi informasi sama saja dengan membangun audiens yang
salah. Orang yang merasa jengkel akan memasukkan Anda dalam daftar
hitam.
Membangun sebuah kelompok audiens
Anda sendiri dengan seijin si pelanggan ialah satu cara penting dan
efektif untuk mencapai sukses dalam kampanye email marketing. Buatlah
sebuah formulir elektronik yang bisa diisi dalam waktu kurang dari 1
menit di beranda situs Anda. Jangan takut untuk menanyakan klien yang
lalu atau para kenalan bisnis jika mereka mungkin akan tertarik untuk
mendapatkan kabar terbaru dari Anda.
4. Melakukan kustomisasi untuk hasil lebih baik
Sekali lagi, ini masih berhubungan
dengan memberikan nilai kepada orang lain. Lakukan segmentasi atau
pengelompokan daftar pelanggan email marketing Anda menjadi sejumlah
kategori berbeda. Ini bisa menjadi langkah penting untuk memahami
mereka. Misalnya jika Anda memiliki daftar panjang pelanggan yang
menerima informasi umum, pembaca berpeluang lebih rendah untuk menemukan
informasi relevan terhadap minat mereka. Jika Anda mengelompokkan
mereka dalam kategori-kategori yang lebih kecil dan spesifik, Anda akan
dapat lebih mudah memodifikasi email sehingga isinya lebih mengena di
hati pelanggan. Dengan demikian, mereka akan makin tergerak untuk
melakukan himbauan Anda.
5. Ajakan untuk bertindak
Setiap kampanye email marketing
yang sukses pasti mengandung ajakan untuk bertindak. Kecuali tujua Anda
adalah hanya untuk menyebarkan informasi sebagai perbuatan amal baik
semata, Anda harus memberikan ajakan untuk bertindak kepada penerima
email. Ajakan ini bisa berupa ajakan untuk bertindak atau berikan alasan
untuk pelanggan agar mau menghubungi Anda atau bekerjasama di masa
depan. Mengajak pembaca untuk melanjutkan hubungan di ranah offline
ialah cara agar bisa sukses dalam email marketing. Hal lain yang bisa
Anda terapkan ialah mengajak mereka untuk klik “like” laman Facebook
bisnis Anda atau bahkan merespon email Anda. Buat mereka bergerak.
Email marketing sering menjadi
teknik membangun bisnis yang sukses dengan menjadi profesional yang tak
sungkan memberikan informasi bagi kelompok audiens Anda. Membangun jenis
citra yang positif ialah aspek terpenting dari kampanye email marketing
apapun. (Diadaptasi dari “5 Keys to Successful Email Marketing” oleh
Matthew Toren/ *AP)
|
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/15316-5-kunci-sukes-email-marketing.html
No comments:
Post a Comment