Tuesday, September 4, 2012

5 Kunci Sukes Email Marketing

Hits : 1354 PDF Cetak E-mail
Sabtu, 17 Maret 2012 06:32
emailEmail marketing ialah cara efisien untuk terus berhubungan dengan berbagai prospek atau klien yang sudah kita dapatkan. Ia juga bisa digunakan sebagai pengingat bagi mereka untuk mendapatkan produk atau jasa kita. Email marketing terkesan sederhana namun sesungguhnya tak semudah itu.
Untuk memiliki kemampuan untuk mengubah prospek menjadi konsumen setia melalui email marketing, diperlukan 5 kunci sukses berikut ini.

1. Berikan manfaat/ nilai
Mengirimkan sebuah email bernada penawaran hanya untuk menjaga ‘hubungan’ yang sudah ada adalah cara terbaik untuk kehilangan pelanggan. Mengirimkan email marketing ke sebanyak mungkin orang tak cukup. Anda harus bisa membuat mereka tergerak untuk membuka dan membaca hingga akhir email Anda dan melakukan himbauan Anda.
Intinya, itu semua tidak akan tercapai saat Anda belum diakui sebagai sebuah sumber informasi yang tepercaya. Anda harus mengirimkan sebuah email yang dinantikan karena memberikan manfaat bagi mereka. Jadi bukan semata menawarkan langganan email mingguan dan hanya untuk mampir dalam kotak masuk email dan dihapus.

2. Tetap singkat
Email Anda akan berpeluang lebih tinggi untuk dibaca saat isinya langsung ke pesan utama. Jarang sekali orang yang akan menghabiskan waktu membaca sebuah email, kecuali itu email pribadi atau email yang menurut mereka sangat menarik. Di samping itu, penting artinya bagi Anda untuk menjaga prospek yang ada agar mereka tetap fokus pada para pembaca yang tertarik. Tetap buat email sesingkat mungkin dan buat daftar kontak yang realistis . Mengirim email sekaligus ke 3000 alamat email sekaligus mungkin tak akan terlalu efektif  dibandingkan dengan mengirim ke email 300 orang yang benar-benar tertarik.

3. Pastikan audiens Anda ingin mendapat kabar terbaru
Jangan mengirimkan spam. Mengirimkan email berkali-kali kepada prospek yang tak pernah meminta Anda untuk dikirimi informasi sama saja dengan membangun audiens yang salah. Orang yang merasa jengkel akan memasukkan Anda dalam daftar hitam.
Membangun sebuah kelompok audiens Anda sendiri dengan seijin si pelanggan ialah satu cara penting dan efektif untuk mencapai sukses dalam kampanye email marketing. Buatlah sebuah formulir elektronik yang bisa diisi dalam waktu kurang dari 1 menit di beranda situs Anda. Jangan takut untuk menanyakan klien yang lalu atau para kenalan bisnis jika mereka mungkin akan tertarik untuk mendapatkan kabar terbaru dari Anda.

4. Melakukan kustomisasi untuk hasil lebih baik
Sekali lagi, ini masih berhubungan dengan memberikan nilai kepada orang lain. Lakukan segmentasi atau pengelompokan daftar pelanggan email marketing Anda menjadi sejumlah kategori berbeda. Ini bisa menjadi langkah penting untuk memahami mereka. Misalnya jika Anda memiliki daftar panjang pelanggan yang menerima informasi umum, pembaca berpeluang lebih rendah untuk menemukan informasi relevan terhadap minat mereka. Jika Anda mengelompokkan mereka dalam kategori-kategori yang lebih kecil dan spesifik, Anda akan dapat lebih mudah memodifikasi email sehingga isinya lebih mengena di hati pelanggan. Dengan demikian, mereka akan makin tergerak untuk melakukan himbauan Anda.

5. Ajakan untuk bertindak
Setiap kampanye email marketing yang sukses pasti mengandung ajakan untuk bertindak. Kecuali tujua Anda adalah hanya untuk menyebarkan informasi sebagai perbuatan amal baik semata, Anda harus memberikan ajakan untuk bertindak kepada penerima email. Ajakan ini bisa berupa ajakan untuk bertindak atau berikan alasan untuk pelanggan agar mau menghubungi Anda atau bekerjasama di masa depan. Mengajak pembaca untuk melanjutkan hubungan di ranah offline ialah cara agar bisa sukses dalam email marketing. Hal lain yang bisa Anda terapkan ialah mengajak mereka untuk klik “like” laman Facebook bisnis Anda atau bahkan merespon email Anda. Buat mereka bergerak.
Email marketing sering menjadi teknik membangun bisnis yang sukses dengan menjadi profesional yang tak sungkan memberikan informasi bagi kelompok audiens Anda. Membangun jenis citra yang positif ialah aspek terpenting dari kampanye email marketing apapun. (Diadaptasi dari “5 Keys to Successful Email Marketing” oleh Matthew Toren/ *AP)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/15316-5-kunci-sukes-email-marketing.html

No comments:

Post a Comment