Wednesday, June 6, 2012

Membentuk Tim Bisnis yang Solid

Views :501 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 06 Juni 2012 09:47
timbisnis0612Ketika Anda menjalankan startup, dinamika tim sama pentingnya dengan rencana bisnis Anda. Tim karyawan yang dikelola dengan buruk dapat merusak pertumbuhan dan produktivitas perusahaan. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membentuk tim bisnis yang solid:

Cari pemimpin

Apakah tim Anda memiliki lima atau 15 orang, Anda tidak akan dapat secara individu memonitor mereka semua. Anda membutuhkan pemimpin dengan mendelegasikan tanggung jawab kepada orang yang Anda pilih. Setiap pemimpin, pada gilirannya, harus mengelola satu bidang bisnis yang Anda kelola. Mereka dapat melaporkan kepada Anda setiap hari atau mingguan tentang kemajuan tim.

Menjadi bagian dari tindakan

Meski Anda sudah memilih pemimpin untuk mengatus tim, hal itu tidak mengurangi peran atau interaksi Anda dengan anggota tim. Anda harus memastikan mereka tahu Anda adalah 'yang pertama di antara mereka'.

Terlibat dalam inisiatif baru

Tidak hanya sekadar memotivasi tim, Anda harus mempunyai inisiatif baru yang harus dikomunikasikan kepada karyawan untuk pendapat dan umpan balik. Keterlibatan lengkap dalam segala hal bisnis akan membawa rasa pertanggungjawaban kepada setiap orang yang bersangkutan, termasuk karyawan.

Memantau kemajuan pekerjaan

Pastikan untuk melakukan pertemuan mingguan atau harian. Setelah itu semua, Anda perlu memonitor pemimpin Anda juga. Mengatur jadwal internal untuk proyek-proyek sehingga Anda tidak membungkus dan memberikan pekerjaan yang harus dieksekusi secara mendadak.

Menyelesaikan konflik secara proaktif

Akan ada saat-saat ketika Anda harus menjadi penyelesai konflik antarkaryawan, terlepas dari kelompok usia Anda hadapi. Seringkali, karyawan akan bertengkar karena hal-hal kecil, meskipun kadang-kadang konflik bisa serius. (*/AS)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/177-manajemen/17423-membentuk-tim-bisnis-yang-solid.html

No comments:

Post a Comment