Tuesday, June 26, 2012

Bisnis Buku Langka Terbuka Lebar


Penulis : Orin Basuki | Selasa, 26 Juni 2012 | 17:06 WIB

shutterstock Ilustrasi
JAKARTA, KOMPAS.com — Bisnis jual beli buku langka di Indonesia masih terbuka lebar untuk dikembangkan. Permintaan pasar yang menjadi pembeli utama di dalam negeri belum terpenuhi seluruhnya.
Pendiri Toko Pasar Buku Langka Taman Mini Indonesia Indah dan perintis industri buku langka di Jakarta, Dani S, mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Selasa (26/6/2012). Dani ditemui di tengah pameran buku Jakarta Book Fair 2012 yang berlangsung hingga 1 Juli 2012.
Menurut Dani, saat ini sudah banyak pemain di bisnis jual beli buku langka di Jakarta. Namun, hal tersebut tidak menutup besarnya permintaan dan animo masyarakat terhadap buku langka tersebut.
"Permintaan tidak hanya datang dari masyarakat Indonesia, tetapi juga dari luar negeri. Khusus saya, ada permintaan rutin untuk buku-buku lama dari Jepang, Amerika Serikat, Australia, Belanda, hingga Perancis," tuturnya.
Dani sendiri kerap kewalahan melayani permintaan dari luar negeri karena biasanya dalam jumlah besar.
"Saya sudah menjadi pemasok tetap di beberapa keduataan besar di Jakarta. Permintaan itu selalu ada, tinggal kembali kepada kita, apakah sanggup memenuhi permintaan yang datang. Sering kali seperti Jepang meminta paket buku sampai senilai Rp 200 juta. Tinggal bukunya ada atau tidak," ungkapnya.
Editor :
Agus Mulyadi

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/06/26/17061149/Bisnis.Buku.Langka.Terbuka.Lebar

No comments:

Post a Comment