Thursday, June 7, 2012

Jaga Kualitas Layanan Anda dengan 5 Langkah Ini

Views :684 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 07 Juni 2012 10:26
Bisnis ritel memiliki dunia yang sangat dinamis, kompetitif, dan penuh tantangan baik bagi karyawan maupun si pemiliknya. Dalam bisnis ritel, layanan pelanggan menjadi masalah nomor satu yang harus selalu dijaga kualitasnya. Kemudian bagaimana cara untuk menjaga kualitas layanan tersebut tetap di level tertinggi? Berikut beberapa tipsnya:
1. Merekrut orang-orang yang tepat
Pakailah selalu prinsip the right man on the right place dalam proses rekrutmen ini untuk memastikan kesesuaian kualitas individu dengan bidang yang akan ia geluti.
2. Berikan pelatihan yang berkelanjutan
Pelatihan menjadi senjata utama untuk meningkatkan kualitas SDM di suatu perusahaan ritel. Pelatihan dimulai dari proses induksi kepada karyawan baru dan berlanjut ke pelatihan lainnya yang berfokus pada layanan pelanggan. Dengan adanya training yang berkelanjutan diharapkan para karyawan akan merasa lebih percaya diri dan mencapai potensi dalam diri mereka.
3. Meminimalkan tugas
Karena fokus utama suatu tim dalam bisnis ritel adalah layanan pelanggan maka jangan terlalu membebani tim Anda untuk melaksanakan tugas lain seperti melakukan tugas visual merchandising, mengurus email, dan lainnya. Tentukan porsi pekerjaan dan fokus utama untuk tim Anda.
4. Integritas yang kuat
Budaya layanan pelanggan bermula dari atas. Semua tindakan dan kata-kata harus merefleksikan visi setiap orang yang ada dalam perusahaan. Dari kebijakan dan manual prosedur, program industri, memo dari kantor pusat dan kunjungan lapangan. Semua hal diatas tersebut harus merefleksikan mengutamakan pelanggan disetiap saat.
5. Penghargaan atas pelayanan
Saat semua target terpenuhi jangan segan untuk memberikan penghargaan kepada tim. Ini akan membangun kepercayaan diri dan motivasi yang lebih tinggi lagi bagi tim Anda. (*/dari berbagai sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/53-pelayanan-konsumen/17454-jaga-kualitas-layanan-anda-dengan-5-langkah-ini.html

No comments:

Post a Comment