Wednesday, June 6, 2012

7 Karakter Handal Kepala Toko

Views :210 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 06 Juni 2012 10:49
kepalatoko0612Kepala toko atau manajer toko dalam sebuah bisnis ritel merupakan prajurit lini depan yang akan ‘berperang’ menghadapi para calon pelanggan. Ia merupakan orang yang langsung memimpin timnya dalam melayani pelanggan, mencapai target, menjaga imej, membangun relasi pelanggan, dan sebagainya.

Sering kali para pebisnis ritel mengalami kesulitan dalam memilih seorang kepala toko yang mumpuni. Banyak juga pebisnis ritel yang akhirnya gulung tikar karena salah pilih komandan di lapangan. Berikut beberapa karakter yang harus dimiliki seorang kepala toko:

1. Sales orientedKepala toko wajib mensosialisasikan target-target yang harus dipenuh oleh timnya dan selalu memonitor perkembangan dalam pencapaian target tersebut. Ia juga sebaiknya memiliki strategi tersendiri untuk mencapai target yang dibebankan kepada timnya.

2. Pandai membangun relasiRelasi dibentuk dengan aktivitas-aktivitas promosi yang melibatkan pelanggan. Dari situ interaksi dengan pelanggan dapat dibangun. Relasi yang baik hendaknya yang mengedepankan komunikasi dua arah. Bukan hanya kita yang menawarkan sesuatu tapi juga meminta masukan kepada pelanggan untuk kemajuan toko.

3. Menguasai administrasiAdministrasi walaupun kelihatannya sepele namun bila tidak ditangani dengan baik dapat merugikan toko, karena rata-rata 20% kehilangan barang bersumber dari penanganan administratasi yang kurang baik. Jadi selalu terapkan 1-day administration yang berarti tidak ada kegiatan administrasi yang ditunda sampai hari esok, semuanya harus selesai pada hari itu juga.

5. Menguasai inventory management dan merchandisingSeorang kepala toko harus handal dalam mengatur kebutuhan barang, mana barang yang harus ditambah stoknya dan mana yang dikurangi., mana yang slow moving, fast moving, dan dead stock. Dengan adanya kemampuan ini maka biaya pun bisa ditekan seefisien mungkin.

6. Mampu dalam bernegosiasiMampu dan luwes dalam bernegosiasi baik dengan pemasok atau dengan pihak lain (misalnya promo bareng, membuat perjanjian consignment barang, dll) Sehingga dapat meningkatkan sales/margin, meringankan cash flow atau menekan biaya.

7. Logis dan memiliki daya nalar tinggiKepala toko harus selalu cepat tanggap dalam merespon segala permasalahan yang ada di toko, baik menyangkut masalah karyawan, operasional toko, pelanggan, pemasok maupun pihak eksternal lainnya. Jangan menunda masalah. Selesaikan setiap masalah secepatnya.

Untuk membentuk karakter kepala toko Anda menjadi handal memang dibutuhkan waktu. Berikan pelatihan yang intensif dan bangun komunikasi dengan mereka secara intensif. (UKMsukses /ian)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/17429-7-karakter-handal-kepala-toko.html

No comments:

Post a Comment