Tuesday, June 19, 2012

Pendidikan Pro Entrepreneurship Makin Dibutuhkan Indonesia

Views :368 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 19 Juni 2012 13:46
pakci10112Apa yang sedang kita lakukan sekarang ialah membangun Indonesia dengan entrepreneuruship. Ini adalah cara terbaik, membangun negeri ini melalui pendidikan. Akan tetapi jenis pendidikan yang dimaksud bukanlah pendidikan yang konvensional, yang sudah kita ketahui selama ini. Jenis pendidikan ini ialah jenis pendidikan yang pro entrepreneurship, jenis pendidikan yang lebih mengedepankan pengasahan kreativitas dan otak kanan agar mental entrepreneurship lebih leluasa berkembang. Di sisi lain, kita harus mengurangi porsi pendidikan yang terlalu banyak mempertajam otak kiri. Ini dilakukan agar terjadi keseimbangan.

Seperti yang kita ketahui selama ini, banyak pengangguran yang muncul justru dari lingkungan kampus pendidikan tinggi (universitas). Bagaimana ini bisa terjadi pada anak-anak muda yang cerdas? Mengapa kecerdasan mereka tidak dapat membantu mereka untuk menjadi manusia yang lebih berguna bagi diri dan masyarakat di sekelilingnya?

Jawabannya adalah jenis pendidikan kita yang kurang mengasah mental entrepreneurship. Pendidikan yang mereka peroleh di kampus bukan pendidikan yang membebaskan kreativitas dan daya cipta untuk menciptakan lapangan kerja bagi sebanyak mungkin manusia.

Untuk itulah mengapa kita memerlukan lebih banyak lingkungan yang menerapkan jenis pendidikan yang pro entrepreneurship. Inilah yang perlu kita upayakan bersama, yaitu membangun sebanyak-banyaknya sekolah, kampus, lingkungan serta ekosistem yang menjadi rumah bersalin bagi lebih banyak lagi entrepreneur muda baru di tanah Air kita tercinta. Semua tadi akan berfungsi sebagai inkubator bisnis yang melahirkan entrepreneur baru dan sebagai tempat mereka untuk berlatih berbisnis sebelum terjun ke dunia bisnis nyata.

Agar ambisi ini terwujud, kita perlu belajar ke berbagai negara yang lebih maju dalam bidang entrepreneurship. Amerika Serikat sering dianggap sebagai kiblatnya entrepreneurship sehingga tak heran kami belajar banyak dari sana.

http://www.ciputraentrepreneurship.com/ciputra-notes-inspirasi/17823-pendidikan-pro-entrepreneurship-makin-dibutuhkan-indonesia.html

No comments:

Post a Comment