Tuesday, June 19, 2012

Penjualan dan Pemasaran, 2 Fungsi yang Harus Dipisah

Views :572 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 19 Juni 2012 08:31
salesmarketing0612Penjualan dan pemasaran saling berhubungan erat dan saling melengkapi. Sangat sering terjadi tumpang tindih peran tenaga pemasaran dan penjualan dalam sebuah startup. Kini, jika sebuah startup tak bisa melakukan dengan baik kedua fungsi ini secara terpisah, akan makin sulit bagi mereka untuk melakukan dua fungsi yang berbeda dengan lebih baik dan sempurna saat kita menyaksikan seseorang dengan posisi pegawai penjualan dan pemasaran.

Berikut merupakan sejumlah alasan mengapa penjualan dan pemasaran seharusnya dibuat sebagai 2 fungsi terpisah dalam sebuah usaha rintisan (startup):
  • Siklus "lead" begitu rumit dengan pengunjung, lead marketing yang memenuhi syarat, lead penjualan yang memenuhi syarat, peluang dan tahapan kesepakatan yang sudah disetujui sehingga membutuhkan penegtahuan khusus untuk mengoptimalkan setiap hal tersebut.
  • Pemasaran sering diukur dalam pendekatan yang memberikan sebuah keseimbangan staf penjualan yang cenderung memperindah apa yang dapat dilakukan.
  • Manajer penjualan cenderung bertindak seperti pelatih olahraga, yang menekankan motivasi staf penjualan dan manajer pemasaran cenderung bekerja dengan lebih kreatif dengan menekankan pada manajemen proyek.
  • Pemasaran harus bertanggung jawab atas perpesanan, konten, event, pemilihan posisi, dan sebagainya sementara penjualan bertanggung jawab atas membantu calon pelanggan melalui proses pembelian.
Secara historis, pemasaran dianggap sebagai fungsi dukungan penjualan tetapi dengan kelebihan otomatisasi pemasaran. Pemasaran memiliki semua akuntabilitas dan kredibilitas  departmene besar lainnya. Penjualan dan pemasaran seharusnya adalah dua fungsi terpisah dalam sebuah usaha rintisan. (*AP)

Image credit: Siliconcloud.com

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/17800-penjualan-dan-pemasaran-2-fungsi-yang-harus-dipisah.html

No comments:

Post a Comment