Wednesday, June 13, 2012

Persiapkan Masa Pensiun dengan Cermat

Views :350 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 13 Juni 2012 15:19
DSC01384
Mau apa saya setelah pensiun nanti? Apakah saya masih bisa hidup sejahtera, atau bahkan lebih sejahtera saat pensiun? Itulah 2 dari sekian banyak pertanyaan yang terlintas dalam benak para calon pensiunan. Ciputra Entrepreneurship beberapa waktu lalu mencoba untuk menjawab kekhawatiran para calon pensiunan tersebut dalam training di PT Kaltim Pasifik Amoniak Bontang, Kalimantan Timur.

Dalam training yang diikuti dengan antusias oleh sekitar 200 karyawan PT Kaltim Pasifik Amoniak itu Ciputra Entrepreneuship menjelaskan bahwa sebelum datangnya masa pensiun ada baiknya kita membuat rencana yang matang. Ada beberapa dimensi yang dapat dijadikan acuan untuk membuat rencana tersebut.

1. Motif ekonomi

Pada saatnya pensiun, denyut kehidupan ekonomi keluarga terus berjalan. Tanyakanlah ke diri kita apa saja yang bisa kita lakukan? Telisiklah kesempatan yang ada, hobi Anda, dan lainnya.

Motif ekonomi sendiri mengandung 3 elemen penting yang harus menjadi perkiraan sebelum kita melangkah. Sumber daya (uang, manusia, alat produksi, dan lainnya), Keberanian mewujudkan, dan perkiraan kelangsungan bisnis yang akan dijalani.

2. Motif sosial

Saat motif sosial yang Anda jadikan pilihan setelah pensiun maka Anda akan kembali ke masyarakat dan mengabdikan diri untuk mereka. Misalnya jadi pekerja sosial, guru, dan berbagai macam lainnya. Pilihlah di bidang apa Anda ingin mengabdikan diri dan lewat apa.

3. Motif ekonomi dan sosial

Menyambung tali kesejahteraan keluarga melalui penghasilan sekaligus aktif dalam kegiatan sosial. Pada sebagian waktu ekonominya, keahlian yang dimiliki atau keuntungan yang diperoleh dimanfaatkan untuk mengabdi kepada masyarakat.

4. Motif spiritual

Orang yang memilih motif ini sebagai alternatif kegiatan setelah pensiun adalah mereka yang ingin sisa waktunya diabdikan kedalam kegiatan spiritual dan jiwa-raganya menyerahkan diri kepada hubungan-hubungan transendental dengan Tuhannya, termasuk pilihan kegiatan kemasyarakatannya.

5. Motif manfaat lainnya

Melakukan apa saja sepanjang kegiatannya itu menenteramkan hati dan menyesuaikan dengan kemampuan fisik dan pikirannya. Misalnya menjahit, bersepeda, dan melakukan kegiatan lain yang sesuai dengan hobi. (*/ian)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/17660-persiapkan-masa-pensiun-dengan-cermat.html

No comments:

Post a Comment