Views :412 Times |
Kamis, 14 Juni 2012 10:40 |
Bisnis
tentu erat kaitannya dengan pelanggan. Untuk memaksimalkan penjualan
produk yang kita miliki ada baiknya kita mengenal beberapa jenis
kelompok pelanggan. Dengan mengidentifikasi kelompok mana yang potensial
kita bisa membuat strategi penjualan dengan baik dan tidak sia-sia. 1. Grade ‘A’ = Awesome Grade ini adalah list konsumen yang terbaik untuk usaha kita. Mereka selalu mengorder ke kita walau tanpa kita tawarkan, mereka sudah menjadi pelanggan tetap dan selalu meminta kita menyediakan jasa/produk yang mereka inginkan. Dan jika kita tawarkan mereka selalu mau dan tanpa tawar-menawar. Kadang kala mereka malah membantu menawarkan produk/jasa kita ke orang lain, mereka menjadi viral marketing kita. 2. Grade ‘B’ = Basic Grade ini, konsumen biasanya menerima apa pun yang kita tawarkan. Walau mereka biasanya menawar harga yang kita tawarkan, namun mereka tetap membeli dari kita. Kepada grade ini selalu kita memberikan informasi atas jasa/produk kita yang baru atau sedang kita pasarkan. 3. Grade ‘C’ = Can’t Deal Apapun yang kita tawarkan kepada konsumen di grade ini, selalu dilakukan tawar-menawar, selalu meminta update proposal/penawaran tetapi pada akhirnya mereka tidak membeli dari kita. Di grade ini kita harus menjaga effort team marketing kita agar tidak terjebak dan terkuras oleh customer tersebut. 4. Grade ‘D’ = Death Mereka langsung menolak apapun yang kita tawarkan. Mereka biasanya tidak ingin mendengar penawaran yang diberikan, tidak ingin melihat dan membaca brosur yang diberikan dan pastinya mereka tidak akan pernah mau datang ke outlet kita. Konsumen di grade seperti ini harus segera kita tinggalkan. Penting buat kita membuat list customer berdasarkan grade-grade tersebut diatas. Sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka dan kinerja team marketing pun menjadi efektif dan efisien. (*/ian) |
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/17678-kenali-pelanggan-anda.html
No comments:
Post a Comment