Monday, June 25, 2012

Ini 10 Cara Orang Kaya Mengamankan Diri dan Hartanya

Angga Aliya - detikfinance
Senin, 25/06/2012 07:17 WIB


img
Jakarta - Bagi orang biasa, alarm rumah yang biasa sudah menjadi perlindungan yang cukup aman. Tapi bagi orang super kaya, lain lagi ceritanya.

Mereka rela mengeluarkan uang banyak demi sistem keamanan terbaru super canggih demi mengamankan diri dan hartanya. Mereka biasanya sedikit lebih waspada ketimbang orang biasa, apalagi takut ada pencuri, perampok atau bahkan didemo oleh warga setempat.

"Biaya yang harus dikeluarkan untuk sistem keaman rumah mereka biasanya mencapai sekitar US$ 150.000 (Rp 1,35 miliar), tapi angka ini kadang bisa melonjak lebih tinggi lagi," kata Al Corbi, pemilik Safe, sebuah perusahaan yang khusus menangani sistem keamanan orang-orang kaya, dikutip dari CNBC, Senin (25/6/2012).

Menurutnya, biaya yang dikeluarkan tergantung dari jenis dan tingkat keamanannya, juga luas rumah dan beberapa detail lainnya. Bahkan, nilai proyek terakhirnya yang baru saja selesai mencapai US$ 10 juta (Rp 90 miliar).

"Sistem keamanannya bisa digunakan dalam waktu lama bahkan seumur hidup sehingga bisa berfungsi untuk beberap generasi, bahkan jika mereka menjadi orang terakhir di bumi ini," kata Corbi.

Beberapa contoh berikut ini merupakan bukti nyata bahwa orang kaya rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak kita bayangkan sebelumnya untuk mengamankan diri dan harta mereka.

1. Safe Core

img
Biaya: $150.000 (Rp 1,35 miliar)

Pernah menonton film Panic Room yang dibintangi Jodie Foster? Dalam film itu terdapat ruangan mirip bunker yang berfungsi sebagai perlindungan, baik itu dari penjahat maupun bencana alam.

Konsep safe core mirip seperti panic room, tapi bedanya ruangannya bisa diatur tergantung keinginan si pemesan. Sehingga, bentuknya tak perlu lagi seperti bunker tapi bisa seperti rumah biasa saja.

Ruangan tersebut dipasang kaca anti peluru dan untuk pintu, dinding, langit-langit dan lantainya anti bom. Jika berkenan, seluruh ruangan di rumah, mulai dair kamar tidur hingga kamar mandi bisa dilapisi semua ini sehingga memberikan perlindungan maksimal.

"Meski Anda tidak akan melihat adanya sistem keamanan di situ, tapi rumah tersebut sudah seperti benteng," kata Corbi

2. Pusat Pengendali dan Kamera Pengawas

img
Biaya: US$ 150.000 (Rp 1,35 miliar)

Dalam Safe Core, ada sebuah ruangan kecil yang menjadi pusat pengendali. Sebuah ruangan yang sama-sama anti peluru dan bom, tempat "di mana semuanya dilakukan," kata Corbi.

Pemilik rumah bisa memonitor seluruh rumah melalui komputer atau tablet berkat kamera pengawas yang dipasang di tempat-tempat strategis sekeliling rumah. Mereka juga bisa saling berkomunikasi dengan orang di seluruh sudut rumah untuk mengatur strategi.

3. Senjata Berpeluru Shotgun

img
Biaya: -

Alat ini bentuknya sama sekali tidak seperti senjata, tapi terbukti efektif. Disimpan tersembunyi di dalam dinding atau langit-langit, alat ini bisa menembakkan 15 peluru shotgun dalam waktu yang bersamaan.

Ada sebuah alat pengendali dari jauh untuk mengoperasikan alat ini, dengan kunci kode supaya tidak sembarang orang bisa menembakkannya. Alat ini lazim dipakai oleh orang-orang kaya di AS.

4. Penyemprot Asap

img
Biaya: US$ 7.000-10.000 per unit (Rp 63-90 juta)

Alat ini tidak terlalu mematikan namun ampuh menghentikan penyusup yang masuk rumah Anda. Karena bentuknya yang kecil, alat penyemprot asap ini bisa dengan mudah disimpan di berbagai sudut rumah.

Alat ini harus dipadukan dengan gas air mata atau gas tidur supaya efektif. Begitu diaktifkan, asap yang keluar dari alat ini akan membawa gas air mata maupun obat tidur yang bisa membuat si penyusup 'mati kutu.' Alat ini diaktifkan oleh pengendali jarak jauh

5. Helipad alias Landasan Helikopter

img
Biaya: US$ 60.000-100.000 (Rp 540-900 juta)

Jika terpaksa harus melarikan diri, maka beruntunglah orang yang punya landasan heli di atasnya. Meski tidak punya helikopternya, orang kaya AS bisa meminta bantuan kepada polisi setempat untuk menjemputnya.

Landasan helikopter ini tidak hanya berfungsi kabur dari penjahat yang ingin merampok rumah sekaligus membunuh orang kaya, tapi juga berguna di saat terjadi bencana, seperti gempa bumi atau kebakaran.

Ketika jalanan biasa tidak bisa dilalui akibat gempa bumi atau banjir, jalur udara bisa menjadi pilihan. Bahkan, jalur udara bisa menjadi alternatif paling cepat untuk mengantar pasien ke rumah sakit.

Lebih jauh lagi, helikopter juga bisa ditempeli selang pemadaman kebakaran dan membantu pemadaman api saat terjadi kebakaran.

6. Pembersih Bakteri

img
Biaya: US$ 5.000 9Rp 45 juta) untuk sistemnya dipasang di saluran pancuran mandi

Kamar mandi yang indah tampak seperti kamar mandi biasa, tapi sebenarnya punya fungsi lain yang lebih penting dari sekedar membasuh badan. Kamar mandi ini dilengkapi dengan 'pembersih bakteri.'

Jika ada serangan yang meluncurkan senjata biologis, semacam virus dan lain sebagainya yang akan menyerang tubuh, Anda tidak perlu lari ke rumah sakit atau ke tempat karantina. Tinggal bersihkan diri saja di bawah pancuran

7. NBC Shelter

img
Biaya: US$ 50.000 (Rp 450 juta) untuk bunker biasa, maksimal bisa sampai jutaan dolar

NBC Shelter adalah versi modern dari tempat perlindungan bawah tanah jaman dulu alias bunker. Tempat perlindungan modern ini punya kemampuan yang sama seperti pendahulunya, bisa menahan serangan nuklir, senjata biologis atau bahan kimia dan lain-lain.

Tempat perlindungan ini berada enam meter dari atas permukaan, dilengkapi dengan pintu anti peluru dan bom. Orang kaya bisa bertahan sampai tiga bulan di tempat tersebut karena tersedia makanan, air dan udara bersih, kata Corbi.

Bahkan, tempat perlindungan mutakhir ini juga punya stok minuman alkohol, sepeti sampanye. Jika ingin berkeliling ke atas, Anda bisa memakai masker gas, baju khusus anti radiasi serta suplai makanan dan minuman di ransel belakang.

Tempat perlindungan ini bisa dibangun dengan biaya Rp 450 juta, namun bisa juga maksimal hingga miliarn rupiah. Tapi semakin mahal bukan berarti tingkat pengamanannya semakin tinggi.

"Tapi akan dibuat lebih nyaman saja," Corbi. Pasalnya. kata dia, jika Anda terpaksa menghabiskan waktu berbulan-bulan di bawah tanah, tidak ada salahnya jika ingin merasa nyaman dan aman.

8. Alat Anti Rudal

img
Biaya: Sekitar US$ 1 juta (Rp 9 miliar)

Orang kaya selalu bepergian dengan gaya, salah satunya memakai pesawat Gulfstream G4. Tapi bepergian lewat udara juga bukan tidak berisiko. Satpam dan polisi mungkin bisa memberikan keamanan saat pesawat belum mengudara, tapi jika sudah terbang, lain lagi ceritanya.

Butuh pengamanan yang tidak biasa saat pesawat mengudara. Salah satu ahli keamanan pesawat mengatakan kepada CNBC ada beberapa alat yang bisa dipasang di pesawat untuk mengalihkan rudal yang sudah ditembakkan musuh. Alat tersebut bekerja dengan mematikan rudal dari jauh atau mengalihkannya dengan infra merah.


10. Detektor Langkah Kaki

img
Biaya US$ 30.000 (Rp 270 juta) untuk kapal pesiar berukuran kecil

Karena ukuran kapal pesiar yang besar, ada kemungkinan penjahat bisa masuk tanpa terdeteksi. Untuk itulah detektor langkah kaki diciptakan. Setiap langkah kaki di kapal pesiar akan dimonitor oleh alat keamanan tersebut sehingga kamera pengaman bisa langsung mengarahkan dan mengirim gambar.

http://finance.detik.com/read/2012/06/25/070838/1949641/4/ini-10-cara-orang-kaya-mengamankan-diri-dan-hartanya

No comments:

Post a Comment