Friday, June 15, 2012

Sukses dengan Cokelat Unik

Views :231 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 15 Juni 2012 09:10
Cokelat, panganan manis dan legit ini hampir disukai semua orang, baik anak-anak, remaja hingga orang tua. Rasanya yang manis menggugah selera siapa saja yang memakannya. Tak heran jika Leni Arjani pengusaha ”Chocolate Conetta” di Jalan Pekunden Dalam 47 Semarang akhirnya melirik usaha di bidang ini.

cokelat0811Memulai usaha cokelat bermula dari kepergiannya mengunjungi Jepang pada 1997. Di negeri Sakura itu, Leni tertarik dengan bentuk cokelat yang unik dan warna-warni. ”Saat itu, di Indonesia belum ada coklat yang bentuknya unik. Bentuknya hanya kotak saja. Memang rasanya sama-sama manis, tapi kalau bentuknya seperti itu tentu tidak membuat orang tertarik,” ungkapnya, baru-baru ini.

Wanita kelahiran Semarang 26 Oktober 1971 ini kemudian mencoba belajar mengamati cokleat produksi Jepang. Mulai dari bentuk, rasa, kombinasi warna serta ukuran yang mungil, dipelajarinya.

Sesampainya di Semarang, Leni mencoba menjadi pengusaha cokelat. Merintis usaha tersebut, menurut Leni, memang tidaklah mudah. Awalnya, istri dari Chandra Dewanto itu mencoba memproduksi cokelat hingga berulang kali.

Loly coklat, merupakan produk handmade-nya kali pertama, mulai dari bentuk bulat, pipih, hati serta berbagai bentuk sederhana yang lain. Kala itu, cokelat buatannya masih belum dikenal konsumen.

Langkah pertama, dia menitipkan cokelat produksinya di sekolah anaknya. ”Sejak saat itu, teman-temannya mulai menyukai cokelat saya. Pesanan pun mengalir,” katanya. Berhasil dengan dengan loly cokelat, Leni menambah produknya membuat gift cokelat untuk perayaan ulang tahun. Ibu dari Felicia Jessica Chandra dan Nicolaus Joshua Chandra ini mulai memberanikan diri menambah variasi bentuk, mulai dari binatang animasi dan tokoh kartun seperti winnie the pooh, tiger, piglet dan mickey mouse.

Usahanya lambat laun berkembang dan bertambah besar. Pesanan dan permintaan konsumen mengalir setiap hari.

”Ini berkat ketaletanan dan juga kreatifitas yang saya jaga. Segala sesuatu yang dikemas dengan bentuk dan model yang baru akan membuat orang semakin tertarik dan penasaran dengan barang yang ditampilkan yang akhirnya memutuskan untuk membelinya,” kata dia.

Setiap kali perayaan valentine, cokelat miliknya laris diburu konsumen terutama kawula muda. Cokelat berbentuk love adalah salah satu produknya yang paling laris saat moment hari kasih sayang. Bahkan inovasinya selalu baru sesuai dengan suasana. Seperti pada bulan Ramadan dan menjelang Lebaran ini, dia juga berkreasi dengan cokelat kurma. (*/Suara Merdeka)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/entrepreneur/nasional/wanita/17696-sukses-dengan-cokelat-unik.html

No comments:

Post a Comment