Sunday, June 24, 2012

Membangun Tim Berkualitas ala Greg Dyke

Views :561 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 26 Juni 2012 09:36
greg0612Greg Dyke dikenal sebagai seorang veteran dalam dunia kepemimpinan dengan tingkat keahlian berkomunikasi tinggi. Dyke pun pernah menjabat sebagai Direktur Umum jaringan berita terbesar di dunia, BBC (British Broadcasting Corporation).

Tim yang dibangun Dyke dikenal akan keunggulannya. Berikut 4 hal yang harus diperhatikan saat hendak membangun tim yang berkualitas:

1. Bangun tim yang Anda percaya

Sebagian entrepreneur memiliki ide-ide besar dan brilian, tetapi mereka tidak terlalu mengerti bagaimana melaksanakannya di lapangan atau tidak punya banyak waktu untuk mengerjakannya sendiri. Jika Anda adalah tipe seperti ini, maka Dyke menyarankan untuk mempekerjakan orang-orang yang Anda percaya bakat, keahlian, dan kelebihannya akan membantu Anda mewujudkan visi bisnis yang telah ditetapkan. Kepercayaan menjadi titik tumpu dalam semua operasionalisasi tim.

2. Rekrut orang terbaik lalu biarkan mereka bekerja sendiri secara maksimal

Entrepreneur tidak perlu memantau setiap gerak-gerik anggota timnya setiap waktu. Jika Anda sudah yakin dan percaya terhadap mereka bahwa mereka akan melakukan yang terbaik untuk Anda, Anda tidak perlu lagi bersusah payah mengendalikan hal-hal kecil.

3. Selalu rekrut orang yang memuji kelemahan Anda

Kebanyakan orang hanya bisa memuji prestasi atau kelebihan seseorang. Tidak ada yang istimewa dengan itu. Tetapi saat seseorang mampu memuji kelemahan Anda, maka bisa disimpulkan bahwa orang tersebut mampu melihat sisi terbaik dalam pribadi Anda. Anda membutuhkan orang seperti itu, yang bisa melengkapi pribadi Anda sebagai entrepeneur dan mengkompensasi kelemahan-kelemahan Anda yang bisa menghambat kemajuan bisnis.

4. Biarkan mereka masuk dan jangan biarkan keluar hanya karena keraguan

Sebagai seorang entrepreneur, jangan biarkan keraguan menguasai Anda saat anggota tim memberikan berbagai macam saran atau usulan untuk memajukan perusahaan atau mengatasi sebuah masalah. Entrepreneur adalah seorang pemimpin dengan pikiran yang stabil. Usahakan jangan membuat bingung anggota tim lainnya dengan terlalu sering membuat perubahan keputusan. Hal seperti ini hanya akan membuat mereka bingung dan bosan.

Membangun sebuah tim berkualitas memang bukan hal yang mudah, bahkan bisa membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menemukan komposisi tim yang benar-benar sesuai seperti yang diinginkan. Namun dengan ketelatenan dan kiat di atas, meraih keberhasilan dengan tim impian tidak mustahil. (*/AS)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/177-manajemen/18012-membangun-tim-berkualitas-ala-greg-dyke.html

No comments:

Post a Comment