Tuesday, January 3, 2012

Bertahan dari Persaingan Harga

Views :295 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 03 Januari 2012 13:43
money-mistakePada umumnya, persaingan harga di pasar terjadi ketika salah satu pebisnis berusaha untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Untuk meraih hal itu, biasanya ia akan merebut pangsa kompetitor dengan menurunkan harga.

Lalu, apa yang akan Anda lakukan bila kompetitor mengubah harga produknya? Opsi yang bisa diambil hanyalah dua, yakni merespon atau mengabaikannya. Bila harga kompetitor naik atau turun, secara intuitif Andapun akan melakukan hal sama seperti yang dilakukan kompetitor. Namun sebelum melakukan hal itu, ada baiknya mempertimbangkan 3 hal berikut.

Apakah Anda bisa melakukan segmentasi pasar?
Segmentasi harga merupakan teknik sederhana dalam menetapkan harga berbeda kepada konsumen yang berbeda untuk produk (barang atau jasa) yang sama. Segmentasi harga itu bisa dibuat berdasarkan profesi konsumen seperti harga khusus pelajar, mahasiswa, kaum eksekutif dan lainnya.

Lihat kembali segmentasi konsumen Anda sekarang. Kemudian perhatikan, apakah kompetitor juga menetapkan harga seperti yang Anda terapkan. Bila iya, bisakah Anda melakukan segmentasi pasar sehingga Anda bisa menurunkan harga hanya kepada konsumen yang benar-benar mengetahui atau mengamati secara pasti harga kompetitor?

Apakah konsumen Anda tahu? Umumnya, konsumen tidak terlalu mengindahkan harga produk kompetitor. Karena itu, Anda dapat merespon hanya bila konsumen telah menyadari serta mengetahui terjadinya perubahan harga.

Mengapa mereka (kompetitor) melakukannya? Rajin-rajinlah menyimak berita seputar industri dan beri perhatian pada setiap rilis yang dikeluarkan kompetitor. Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu, alasan kompetitor menurunkan harga, sebelum beraksi terhadap penurunan harga tersebut. Bisa saja kompetitor memiliki stok yang berlebihan sehingga harus menurunkan harga untuk membuatnya terbeli oleh konsumen. Bila memang demikian, perubahan harga itu sifatnya hanya sementara dan Anda tak perlu melakukan hal yang sama atau langsung meresponnya dengan turut menurunkan harga. (*/ely)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/13967-kiat-bertahan-dari-persaingan-harga.html

No comments:

Post a Comment