Monday, September 3, 2012

6 Pilihan Karir yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah


Metta Pranata - detikfinance
Selasa, 04/09/2012 09:58 WIB

img Foto: Investopedia
Jakarta - Bekerja dari rumah bisa jadi pilihan karir yang tepat untuk semua orang. Anda bisa mengatur jam kerja dan mengenakan piyama saat bekerja. Alternatif yang menarik dibanding duduk di kubikel dari jam 9 pagi hingga 5 sore.

Bekerja dari rumah bisa jadi jawaban untuk mewujudkan impian, hobi dan minat Anda sekaligus menghasilkan uang. Namun ingat, ini sekedar tips dan tidak menjamin kesuksesan Anda. Semuanya tergantung dari minat, kemampuan dan latar belakang pekerjaan Anda sebelumnya.

Penghasilan sebagai seseorang yang berkarir dari rumah pun beragam. Jadi sisihkan waktu untuk riset terlebih dulu sebelum menetapkan tarif Anda. Pastikan Anda paham dengan peraturan tentang pajak penghasilan dan hukum-hukum terkait.

Berikut ini, ada enam pilihan karir yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin mulai bekerja dari rumah, dilansir dari Investopedia, Selasa (4/9/2012):

6. Jasa Pengajar

img Foto: Investopedia
Akhir-akhir ini semakin banyak masalah yang bisa ditemukan solusinya di internet, termasuk jasa pengajaran. Anda bisa jadi guru les bahasa Inggris, Matematika, atau komputer. Bahkan jika Anda jago menyulam atau kerajinan tangan lainnya, Anda bisa menjual kemampuan ini.

5. Asisten virtual 

Situasi ekonomi yang tidak menentu membuat semakin banyak usaha yang mempekerjakan pegawai sementara atau per proyek. Bahkan beberapa dalam bentuk asisten virtual. Tugasnya beragam, mulai dari sekretaris hingga jenis administratif lainnya, tergantung kemampuan Anda. Konsep asisten virtual masih sangat baru, jadi Anda harus siap menjelaskan dengan detail sebelum mulai 'jualan'.

4. Desainer web

img Foto: Investopedia
Jika Anda seorang penggila IT atau suka detail, silakan pertimbangkan berkarir sebagai desainer web. Jika kemampuan Anda masih kurang, tidak usah pusing. Sekarang banyak sekali kursus desain web, bahkan online. Anda bisa mempertimbangkan jadi pekerja lepas atau bangun bisnis sendiri.

3. Penata rumah

Pasaran real estate sangat kejam. Jika ingin cepat laku, maka rumah itu harus didandani supaya terlihat 'kinclong'. Jika Anda punya citarasa desain yang baik, maka profesi penata rumah bisa jadi pilihan. Tidak ada syarat minimum pendidikan dan pengalaman.

Tapi ada baiknya Anda berlatih dengan mendandani rumah sendiri, teman atau saudara terlebih dulu sebagai contoh untuk dipamerkan ke calon klien. Menjalin hubungan baik dengan realtor akan sangat membantu Anda.

2. Perencana pesta

Bagi setiap orangtua, terutama yang sibuk kerja atau usaha, merencanakan pesta merupakan pekerjaan berat. Inilah peluang bagi Anda yang kreatif, menyukai sosialisasi dan bisa bekerja di akhir pekan (karena pesta umumnya digelar tiap akhir pekan).

1. Juru masak pribadi atau jasa katering

img Foto: Investopedia
Jika Anda mencintai dunia masak memasak, jadi juru masak pribadi mungkin bisa jadi pilihan karir yang tepat. Ada dua kemungkinan tugas Anda: memasak makanan sehari-hari di rumah klien atau mengantar masakan yang sudah jadi ke rumah klien.


http://finance.detik.com/read/2012/09/04/095815/2007194/4/6-pilihan-karir-yang-bisa-dikerjakan-dari-rumah

No comments:

Post a Comment