Wednesday, January 4, 2012

Agar Perempuan Bisa Menjadi Pebisnis Sukses

Views :556 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 04 Januari 2012 11:18
BusinesswomanData yang dilansir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Gumelar, saat memperingati Hari Ibu ke-83 pada 22 Desember 2011 lalu menyebutkan, sebanyak 60 persen pelaku Usaha Kecil dan Menengah adalah perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan saat ini bisa menjadi tenaga kerja potensial yang dapat berpartisipasi bagi pembangunan perekonomian bangsa.

Berkaitan dengan hal tersebut, perempuan dinilai memiliki 7 kriteria yang mumpuni untuk bisa menjadi entrepreneur sukses. Kriteria itu seakan sudah menjadi bakat alami atau bisa disebut juga DNA yang biasanya dimiliki oleh semua perempuan. Lalu, bagaimana caranya merealisasikan ide menjadi sesuatu yang dapat membawa perempuan pada puncak kesuksesan?

Yakinkan diri.
Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda benar-benar ingin menjadi entrepreneur atau ingin memilih menjadi pekerja kantoran yang profesional. Bila memang passion Anda adalah entrepreneur maka fokuslah untuk mengembangkan ide atau impian menjadi realita yang membawa Anda pada kesuksesan.

Pilih bidang.
Setelah Anda yakin ingin menjadi entrepreneur, renungkan kembali bidang apa yang ingin dikembangkan menjadi bisnis. Jabarkan beberapa bidang dan pilih yang benar-benar sesuai dengan misalkan bakat, hobi atau cita-cita Anda.

Tambah wawasan.
Asah wawasan dan ketrampilan dengan memperluas cakrawala mengenai bidang bisnis yang akan Anda geluti. Wawasan di sini bukan hanya berkaitan dengan ketrampilan dasar bisnis yang bersifat formal tapi juga hal-hal non formal lain sesuai bidang bisnis Anda. Baca informasi sebanyak-banyaknya, ikuti pelatihan atau seminar untuk menambah relasi dan sebagainya.

Belajar membangun relasi secara efektif.
Pelajari cara membangun relasi yang efektif. Pemahaman wawasan seputar industri yang akan Anda lakoni memang sangat penting tapi ketika bisnis berjalan, Andapun membutuhkan jaringan yang bisa membantu mencapai kesuksesan. Anda butuh koneksi dan untuk menggapainya Anda harus memiliki jaringan.

Membangun jaringan tak hanya digunakan untuk memeroleh bantuan dari orang lain tapi juga menyalurkan ide serta aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk membantu orang lain dan membangun kepercayaan.

Bekerja keras.
Sukses tak bisa diperoleh dengan mudah dan cepat. Kisah keberhasilan itu tak datang secara tiba-tiba tanpa usaha apapun. Butuh kerja keras di baliknya. Begitu pula halnya dengan cerita sukses Anda, harus dimulai dengan kerja keras dan penuh dedikasi.

Jangan takut bila di tengah perjalanan itu, Anda akan menemui kerikil tajam yang bisa sebabkan bisnis jatuh. Persiapan diri Anda dari sekarang akan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dapat saja terjadi sehingga ketika hal itu menimpa Anda, Anda bisa segera bangkit dengan menerapkan sejumlah solusi. (*/ely)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/122-peluang-bisnis-perempuan/13992-agar-perempuan-bisa-menjadi-pebisnis-sukses.html

No comments:

Post a Comment