Wednesday, September 14, 2011

Perkuat Posisi Pasar dengan Kemitraan

Hits : 658 PDF Cetak E-mail
Selasa, 13 September 2011 10:03
Setiap perusahaan bergantung kepada sebuah jejaring hubungan yang rumit yang memungkinkannya untuk menjalankan kegiatan bisnis. Sebagian hubungan ini bisa diubah menjadi kemitraan yang signifikan.

coalisi0911Setelah pendirian Apple di tahun 1976 bersama Steve Wozniac dan pelaksanaan go public di tahun 1980, Steve Jobs diistirahatkan dari tugas manajerialnya dalam sebuah perdebatan sengit dalam dewan direksi di tahun 1985 dan mengundurkan diri dari Apple yang telah ia dirikan. Dua belas tahun kemudian, saat usaha Jobs berikutnya dibeli oleh Apple, Jobs tampil kembali sebagai CEO Apple.

Salah satu tindakan pertamanya ialah menyusun sebuah kemitraan strategis dengan raksasa software Microsoft, yang menjadi lawan Apple dalam berbagai perselisihan hukum hak paten yang melelahkan dan memboroskan anggaran. Di tahun 1997 Steve Jobs tampil di panggung untuk menyampaikan salah satu pidatonya yang terkenal.

“Kini, saya ingin berbicara tentang kemitraan yang bermakna. Apple hidup dalam sebuah ekosistem dan ia membutuhkan bantuan dari mitra lain. Ia harus membantu mitra lain. Dan hubungan yang destruktif tidak bisa membantu siapapun dalam industri ini sebagaimana yang terjadi saat ini. Sehingga selama beberapa minggu terakhir ini, kami telah mengkaji beberapa kemitraan dan salah satunya telah muncul sebagai sebuah hubungan yang tidak terlalu baik tetapi tetap memiliki potensi, menurut saya, untuk menjadi lebih solid bagi kedua perusahaan. Dan saya hendak memberitahukan tentang salah satu kemitraan pertama kami hari ini sebuah kemitraan yang sangat bermakna. Dan kemitraan tersebut merangkul Microsoft.

Dalam kesempatan itu, Jobs menambahkan, "Kami telah melupakan pemikiran bahwa Apple harus menang dan Microsoft harus kalah. Era persaingan antara Apple dan Microsoft telah selesai menurut saya. Ini mengenai bagaimana membuat Apple lebih sehat dan tentang kemampuan Apple untuk membuat kontribusi besar kepada industri komputer, untuk menjadi sehat dan tumbuh kembali.”

Dalam pasar yang sama, Louis Gerstner dari IBM memutuskan bahwa IBM harus keluar dari pengembangan software dan “berhenti menipu diri sendiri tentang kecakapan kami dalam bidang ini”.

“Apa yang kami katakan kepada mereka ialah, 'Kami akan berikan pasar ini kepada Anda; kami akan menjadi mitra daripada pesaing; kami akan bekerjasama dengan Anda untuk memastikan aplikasi Anda berjalan dengan baik di piranti keras kami dan kami akan mendukung aplikasi Anda dalam kelompok layanan kami’. Dan daripada sekadar makan siang dengan mereka dan berkata ‘mari bermitra’, kami menyusun komitmen rinci, target pemasukan dan andil, dan pengukuran yang harus disetujui oleh kedua pihak.”

Terdapat banyak kemitraan bermanfaat yang mungkin dibangun dengan perusahaan yang memiliki kepentingan yang sama: fasilitas yang sama; pasar yang sama; rantai suplai yang sama. Berpikirlah secara lateral tentang perusahaan-perusahaan yang berpotensi memberikan manfaat bagi perusahaan Anda dalam jangka panjang. Hal ini termasuk badan-badan pendidikan, kelompok konsumen, museum dan pameran. Berpikirlah besar. Cari kemitraan yang besar yang memungkinkan Anda untuk menghadapi pasar dengan lebih kuat bersama-sama daripada saat Anda dalam hubungan seperti sekarang.

Pertimbangkan untuk melupakan beberapa hal. Mungkin sebuah mitra baru bisa memberikan beberapa aspek layanan yang ada dengan lebih baik dari yang Anda bisa lakukan. Saat Anda membangun kemitraan baru, bersikaplah spesifik. Tentukan komitmen, target dan pengukurannya. (*/Akhlis)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/10832-perkuat-posisi-pasar-dengan-kemitraan.html

No comments:

Post a Comment