Friday, September 16, 2011

Memfasihkan bahasa Inggris, memfasihkan laba

PELUANG USAHA

 
Jumat, 16 September 2011 | 14:25  oleh Dea Chadiza Syafina, Bambang Rakhmanto
TAWARAN KEMITRAAN KULINER PENDIDIKAN
Memfasihkan bahasa Inggris, memfasihkan laba
Kemampuan berbahasa Inggris bisa menjadi modal untuk bersaing memperoleh pekerjaan. Penguasaan terhadap bahasa resmi internasional ini juga sangat diperlukan agar hubungan dengan relasi lain negara berlangsung lancar.

Era globalisasi memang membuat kemampuan berbahasa sangat penting. Karena itu, saat ini berbagai kursus pendidikan bahasa, terutama bahasa Inggris, semakin banyak bermunculan.

Salah satu pebisnis yang menawarkan usaha pendidikan bahasa Inggris adalah Sudirman Alif Gani. Kursus bahasa Inggris miliknya, Easy English Center (EEC) berdiri tahun 2000 di Kemayoran, Jakarta Pusat. "EEC merupakan pusat bahasa Inggris percakapan yang berkualitas," klaimnya.

Usahanya ini mencoba memberikan kesempatan luas bagi siapa saja yang tertarik belajar bahasa Inggris. Karena itu, biaya kursus yang dibebankan kepada siswa, menurutnya, cukup terjangkau.

Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas 3 sampai 4, biaya yang dikenakan per siswa adalah Rp 35.000 per bulan. Sedangkan untuk kelas 5 SD sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 1, biaya kursus sebesar Rp 40.000 per bulan. Biaya lebih tinggi ditarik untuk TK, SD kelas 1 dan 2 juga Sekolah Menengah Umum (SMU) sebesar Rp 45.000 per bulan, dan uang pendaftaran Rp 30.000.

Tak hanya untuk pelajar, EEC juga menyediakan program kursus bahasa Inggris percakapan untuk karyawan dan umum dan program intensif satu bulan.

"Kami akan latih setiap hari sampai mahir. Kami berikan garansi," promosi Sudirman. EEC juga menyediakan program pendidikan guru TK, guru bahasa Inggris internasional, bimbingan belajar bilingual serta program extention selama lima bulan.

Dengan bermodal kualitas itulah, kemudian Sudirman mulai menawarkan kemitraan usaha kursusnya kepada masyarakat tahun 2002. Kini EEC telah memiliki empat mitra di Bintaro, Utan Kayu, Sunter, Tanjung Priok.

Ada empat paket kemitraan yang ditawarkan, yaitu standar dengan investasi Rp 5 juta, paket silver Rp 10 juta, paket gold Rp 20 juta, dan paket platinum Rp 30 juta.

Untuk paket standar, selain menyediakan lokasi usaha dan perlengkapan sendiri, mitra juga harus menyediakan seorang karyawan untuk dilatih mengelola lembaga. "Jika tidak, bisa membeli tenaga kerja dari EEC pusat dengan biaya antara Rp 5 juta sampai Rp 20 juta tergantung keahlian," katanya.

Tenaga dari pusat itu memiliki kemampuan untuk mengelola kursus, memasarkan, sekaligus menjadi tenaga pendidik. Calon mitra juga harus menyiapkan guru pengajar yang akan mendapat training dengan tambahan biaya Rp 1 juta. Jika calon mitra tak mau repot, EEC juga telah menyediakan tenaga pengajar bertarif Rp 2,5 juta - Rp 5 juta.

Tawaran fasilitas itu juga bakal diberikan untuk paket silver. Hanya, untuk paket kedua ini, calon mitra akan mendapat dukungan dua orang tenaga pengajar dan seorang manajer terampil dengan masa kontrak minimal 1 tahun. Adapun paket gold, akan mendapat dukungan pemasaran selama dua bulan, termasuk satu orang manajer serta tiga orang pengajar terampil selama 2 tahun.

Untuk paket platinum, calon mitra berhak mendapatkan tenaga manajer dan pengajar sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, mitra juga mendapat jaminan keberhasilan usaha dan bantuan dana dari pusat apabila pemilik mengalami kerugian. "Manajemen EEC bersedia menutupi kekurangan dana jika mengalami kerugian," janjinya.

Atas investasi yang ditanamkan, mitra akan mendapatkan bagi hasil 60% dari laba bersih tiap bulan. Keuntungan dibagikan dua bulan sekali setelah dipotong pengeluaran termasuk sewa gedung serta gaji karyawan.

Salah seorang mitra EEC di Bintaro, Banten, Mustahdi telah bergabung sejak 2004. "Ada pasang surut dalam mendapatkan anak didik," katanya. Dalam setahun rata-rata siswa yang ikut kursus mencapai 250 anak sampai 300 anak dari SD hingga SMU. Dengan empat kelas dan empat pengajar tetap, omzet per bulan Mustahdi mencapai Rp 15 juta.

Easy English Center
Jl. Utan Panjang 2 No. 103 Kemayoran,
Jakarta Pusat
Telp: 081210799334

Sumber:
http://peluangusaha.kontan.co.id/v2/read/peluangusaha/77588/Memfasihkan-bahasa-Inggris-memfasihkan-laba-

No comments:

Post a Comment