Tuesday, October 9, 2012

Tak Semua Entrepreneur Butuh Business Plan

Hits : 894 PDF Cetak E-mail
Senin, 08 Oktober 2012 16:00
Pertanyaan yang klasik yang tak pernah berhenti ditanyakan mungkin ialah: “Apakah membuat sebuah business plan merupakan sebuah keharusan sebelum mendirikan bisnis?” Banyak yang masih mengalami kebingungan. Dan karena memang tak ada jawaban yang pasti untuk itu.


Namun, patut kita ketahui bersama bahwa tidak semua entrepreneur membutuhkan business plan. Mayoritas startup atau usaha baru yang sukses justru bukan berkat business plan yang tersusun rapi sebelum implementasi tetapi lebih karena para pendirinya yang memiliki visi yang otentik dan kejelasan tujuan dalam menjalankan roda bisnisnya.

Meskipun tidak ada salahnya memiliki sebuah business plan yang tersusun baik dan sistematis, isi sebagian besar business plan pada dasarnya   tidak berhubungan erat dengan kenyataan yang akan muncul setelahnya.

Daripada Anda terlalu banyak menghabiskan waktu merancang rencana bisnis, fokuskan diri pada identifikasi yang lebih pasti terhadap alasan mengapa perusahaan Anda seharusnya hadir. Utarakan secara jelas tujuan yang lebih besar yang Anda miliki, tak peduli apakah itu visi, tujuan atau panggilan hidup.

Inilah yang akan memandu Anda dalam menjalani berbagai kegiatan menjalankan bisnis. Dan ingatlah bahwa tim Anda lebih penting dari rencana apapun. Lebih baik Anda menghabiskan waktu memastikan apakah Anda sudah memilih rekan kerja dan karyawan yang memiliki kesamaan visi dan misi. Orang-orang yang tepat ini akan menjadi asset bisnis Anda yang paling berharga. (*AP)

Sumber gambar:
maurilioamorim.com

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/20634-tak-semua-entrepreneur-butuh-business-plan.html

No comments:

Post a Comment