Tuesday, October 2, 2012

3 Langkah Mendapatkan Keputusan Tegas dengan Segera

Hits : 243 PDF Cetak E-mail
Selasa, 02 Oktober 2012 11:22
Saat Anda sebagai entrepreneur melakukan presentasi (pitch), mendengarkan reaksi penolakan atau gelengan kepala bukan hal yang aneh lagi. Tak ada orang yang mau ditolak seperti itu. Namun sebagai entrepreneur Anda harus tahan banting dalam hal mental.


Penolakan yang diwujudkan dalam berbagai respon dari pihak lain mungkin bisa saja terlihat kejam saat Anda mendapatkannya secara langsung dan terbuka. Akan tetapi, jika dicermati, cara menolak seperti itulah yang justru akan menghemat tenaga, waktu dan energi Anda. Bayangkan jika seorang calon angel investor tidak segera memberikan jawaban. Ia memberikan keraguan dalam jawabannya dengan menjawab "mungkin" dan secara tak terduga pada akhirnya malah menolak Anda di tengah pelaksanaan kerjasama.

Berikut ini adalah 3 langkah simpel nan efektif untuk mendorong pihak lain untuk segera membuat keputusan yang tegas dalam setiap tawaran yang Anda berikan:

Bersikap jelas saat memberikan permintaan
Oran sering mengatakan "mungkin" karena mereka bingung mengenai hal yang Anda tanyakan. Karena itu, utarakan pemikiran secara jelas.

Berikan tenggat waktu
Saat menemui investor, pembeli atau pelanggan potensial, jelaskan kapan Anda membutuhkan keputusan yang pasti. Sebuah tenggat waktu akan mendorong mereka untuk dengan segera memutuskan.

Tahu sikap diam yang berarti penolakan
Orang menghindari berkata tidak begitu mudah dan terbuka sebagaimana Anda membenci kata itu. Saat Anda merasakan bahwa audiens Anda akan menolak, tetapi belum sepenuhnya memiliki keberanian untuk menyatakan, berikan sebuah pancingan. Sebuah pertanyaan halus seperti, "Saya pikir Anda tidak membutuhkan sekarang?" bisa membantu pihak lain untuk lebih tegas dalam mengambil keputusan. (HBR/*AP)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/20503-3-langkah-mendapatkan-keputusan-tegas-dengan-segera.html

No comments:

Post a Comment