Hits : 1923 |
Selasa, 09 Oktober 2012 14:47 |
Instagram
mungkin sudah akrab bagi Anda pemilik smartphone iPhone dan Android.
Aplikasi untuk berbagi foto secara gratis ini makin hari makin populer
dan telah menjaring 80 juta pengguna dan jumlah itu terus bertambah.
Setelah diakuisisi oleh Facebook April tahun ini, Instagram akhirnya
mendesain kembali aplikasinya di iOS dan dikabarkan tengah mengerjakan
versi desktop karena selama ini Instagram hanya bisa diakses melalui
aplikasi mobile di smartphone.
Dan dengan
makin banyaknya pengguna, tentu Instagram memiliki potensi untuk menjadi
tempat mempromosikan bisnis kita. Berikut merupakan sejumlah cara
sederhana namun kreatif yang bisa Anda lakukan untuk menggenjot kemajuan
bisnis melalui Instagram seperti dirangkum dari laman
socialmediaexaminer.com.
Tunjukkan produk Anda
Setiap orang
menyukai melihat-lihat produk jadi buatlah pengikut Instagram Anda bisa
dengan leluasa melihat-lihat produk yang Anda jual di Instagram.
Pamerkan dalam sebuah koleksi foto berisi foto produk dan bagikan dengan
tagar (hashtag) khusus dan libatkan para pengikut Anda dengan menanyakan pada mereka apakah mereka tertarik dengan produk tersebut.
Tunjukkan cara pembuatan produk
Buatlah para
pengikut mengetahui seluk beluk pembuatan produk yang Anda tawarkan.
Unggah foto-foto yang menunjukkan proses produksi, pengemasan,
pengiriman dan sebagainya dari sudut pandang yang artistik dan menarik
atau jenaka. Anda bisa gunakan aplikasi edit foto atau pembuat kolase
(kumpulan foto yang dijadikan satu bingkai) untuk mendemonstrasikan cara
pembuatan dan sebagainya.
Tunjukkan apa yang di balik layar
Sebelum
meluncurkan produk atau layanan baru, cobalah berikan sedikit ‘sneek
peek’ untuk para pengikut Instagram Anda. Unggahlah foto-foto yang
menunjukkan hiruk pikuk perusahaan Anda yang hanya bisa disaksikan oleh
orang dalam tetapi memberi kesan menarik dan spontan.
Tunjukkan apa yang bisa dilakukan produk Anda
Kadang
imajinasi bisa digunakan untuk memancing ketertarikan calon konsumen
terhadap produk Anda. Gunakan Instagram untuk menciptakan permintaan
dengan membantu konsumen membayangkan manfaat baru dan kemudahan yang
sebelumnya belum pernah mereka nikmati yang Anda tawarkan untuk mereka.
Ini juga
peluang emas untuk mengundang konten dari inisiatif konsumen sendiri.
Mintalah konsumen mengunggah foto-foto mereka yang sedang menggunakan
produk atau layanan Anda dan pilihlah foto terbaik untuk diunggah
kembali atau diberikan apresiasi. Jika perusahaan Anda memberikan
layanan seperti desain rambut atau makeup, atau penataan lansekap taman,
dan sebagainya, tunjukkan foto subjek menarik tersebut kepada pengikut
Instagram dalam dua bagian: sebelum dan sesudah menggunakan produk atau
layanan Anda. Perbandingan ini akan menambah keterpukauan konsumen
terhadap produk/ layanan. Dan akhirnya akan ada makin banyak pengikut
Instagram tertarik menjadi konsumen setia Anda.
Peritel
kosmetik seperti Sephora menggunakan Instagram untuk menyuguhkan produk
mereka yang tidak lazim yang sebagian besar konsumen umum tidak miliki.
Mereka tak segan memberikan ide yang lebih baik untuk konsumen mengenai
cara tampil lebih memukau.
Tunjukkan tempat kerja
Orang yang
mengikuti brand favoritnya di jejaring sosial mungkin bertanya
bagaimana rasanya bekerja di perusahaan yang ia kagumi. Jangan
sia-siakan harapan itu. Unggahlah beberapa foto tentang bagaimana
keadaan kantor perusahaan Anda. Pastikan semangat positif, sisi
manusiawi dan etos kerja perusahaan tercermin dalam foto-foto tersebut.
Umumkan kegiatan perusahaan di lapangan
Perusahaan
Anda mengikuti sebuah event pameran atau menjadi sponsor dalam kegiatan/
program tertentu? Jangan ragu untuk mengunggah detil kegiatannya ke
Instagram. Dengan memberitahukan bahwa perusahaan Anda sedang berada di
lapangan, Anda menarik para pengikut untuk berinteraksi lebih intens
dengan brand bisnis Anda.
Perkenalkan karyawan Anda
Brand di
jejaring sosial tak perlu terlalu kaku. Ada saatnya Anda perlu
memolesnya agar terkesan lebih hangat dan komunikatif. Perkenalkan
karyawan Anda kepada fans di Instagram sehingga akan tercipta kedekatan
yang lebih baik.
Bagikan opini selebritas tentang brand bisnis Anda
Tak ada yang
tidak antusias saat seorang selebritas memberikan pernyataan tentang
sesuatu. Anda bisa mengunggah foto yang menunjukkan momen saat
selebritas menggunakan, atau berinteraksi dengan brand Anda seperti
mengunjungi kantor Anda, berbicara dengan perwakilan brand, dan
sebagainya.
Bagikan momen lucu
Jika Anda
menyaksikan sebuah peristiwa atau hal lucu atau mengundang gelak tawa
atau senyum tentang brand Anda, cobalah untuk mengunggahnya ke
Instagram. (*AP)
|
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/20663-9-cara-kreatif-gunakan-instagram-untuk-bisnis.html
No comments:
Post a Comment