Wednesday, October 10, 2012

9 Cara Kreatif Gunakan Instagram untuk Bisnis

Hits : 1923 PDF Cetak E-mail
Selasa, 09 Oktober 2012 14:47
Instagram mungkin sudah akrab bagi Anda pemilik smartphone iPhone dan Android. Aplikasi untuk berbagi foto secara gratis ini makin hari makin populer dan telah menjaring 80 juta pengguna dan jumlah itu terus bertambah. Setelah diakuisisi oleh Facebook April tahun ini, Instagram akhirnya mendesain kembali aplikasinya di iOS dan dikabarkan tengah mengerjakan versi desktop karena selama ini Instagram hanya bisa diakses melalui aplikasi mobile di smartphone.


Dan dengan makin banyaknya pengguna, tentu Instagram memiliki potensi untuk menjadi tempat mempromosikan bisnis kita. Berikut merupakan sejumlah cara sederhana namun kreatif yang bisa Anda lakukan untuk menggenjot kemajuan bisnis melalui Instagram seperti dirangkum dari laman socialmediaexaminer.com.

Tunjukkan produk Anda
Setiap orang menyukai melihat-lihat produk jadi buatlah pengikut Instagram Anda bisa dengan leluasa melihat-lihat produk yang Anda jual di Instagram. Pamerkan dalam sebuah koleksi foto berisi foto produk dan bagikan dengan tagar (hashtag) khusus dan libatkan para pengikut Anda dengan menanyakan pada mereka apakah mereka tertarik dengan produk tersebut.

Tunjukkan cara pembuatan produk
Buatlah para pengikut mengetahui seluk beluk pembuatan produk yang Anda tawarkan. Unggah foto-foto yang menunjukkan proses produksi, pengemasan, pengiriman dan sebagainya dari sudut pandang yang artistik dan menarik atau jenaka. Anda bisa gunakan aplikasi edit foto atau pembuat kolase (kumpulan foto yang dijadikan satu bingkai) untuk mendemonstrasikan cara pembuatan dan sebagainya.

Tunjukkan apa yang di balik layar
Sebelum meluncurkan produk atau layanan baru, cobalah berikan sedikit ‘sneek peek’ untuk para pengikut Instagram Anda. Unggahlah foto-foto yang menunjukkan hiruk pikuk perusahaan Anda yang hanya bisa disaksikan oleh orang dalam tetapi memberi kesan menarik dan spontan.

Tunjukkan apa yang bisa dilakukan produk Anda
Kadang imajinasi bisa digunakan untuk memancing ketertarikan calon konsumen terhadap produk Anda. Gunakan Instagram untuk menciptakan permintaan dengan membantu konsumen membayangkan manfaat baru dan kemudahan yang sebelumnya belum pernah mereka nikmati yang Anda tawarkan untuk mereka.

Ini juga peluang emas untuk mengundang konten dari inisiatif konsumen sendiri. Mintalah konsumen mengunggah foto-foto mereka yang sedang menggunakan produk atau layanan Anda dan pilihlah foto terbaik untuk diunggah kembali atau diberikan apresiasi. Jika perusahaan Anda memberikan layanan seperti desain rambut atau makeup, atau penataan lansekap taman, dan sebagainya, tunjukkan foto subjek menarik tersebut kepada pengikut Instagram dalam dua bagian: sebelum dan sesudah menggunakan produk atau layanan Anda. Perbandingan ini akan menambah keterpukauan konsumen  terhadap produk/ layanan. Dan akhirnya akan ada makin banyak pengikut Instagram tertarik menjadi konsumen setia Anda.

Peritel kosmetik seperti Sephora menggunakan Instagram untuk menyuguhkan produk mereka yang tidak lazim yang sebagian besar konsumen umum tidak miliki. Mereka tak segan memberikan ide yang lebih baik untuk konsumen mengenai cara tampil lebih memukau.

Tunjukkan tempat kerja
Orang yang mengikuti brand favoritnya di jejaring sosial mungkin bertanya bagaimana  rasanya bekerja di perusahaan yang ia kagumi. Jangan sia-siakan harapan itu. Unggahlah beberapa foto tentang bagaimana keadaan kantor perusahaan Anda. Pastikan semangat positif, sisi manusiawi dan etos kerja perusahaan tercermin dalam foto-foto tersebut.

Umumkan kegiatan perusahaan di lapangan
Perusahaan Anda mengikuti sebuah event pameran atau menjadi sponsor dalam kegiatan/ program tertentu? Jangan ragu untuk mengunggah detil kegiatannya ke Instagram. Dengan memberitahukan bahwa perusahaan Anda sedang berada di lapangan, Anda menarik para pengikut untuk berinteraksi lebih intens dengan brand bisnis Anda.

Perkenalkan karyawan Anda
Brand di jejaring sosial tak perlu terlalu kaku. Ada saatnya Anda perlu memolesnya agar terkesan lebih hangat dan komunikatif. Perkenalkan karyawan Anda kepada fans di Instagram sehingga akan tercipta kedekatan yang lebih baik.

Bagikan opini selebritas tentang brand bisnis Anda
Tak ada yang tidak antusias saat seorang selebritas memberikan pernyataan tentang sesuatu. Anda bisa mengunggah foto yang menunjukkan momen saat selebritas menggunakan, atau berinteraksi dengan brand Anda seperti mengunjungi kantor Anda, berbicara dengan perwakilan brand, dan sebagainya.

Bagikan momen lucu
Jika Anda menyaksikan sebuah peristiwa atau hal lucu atau mengundang gelak tawa atau senyum tentang brand Anda, cobalah untuk mengunggahnya ke Instagram. (*AP)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/20663-9-cara-kreatif-gunakan-instagram-untuk-bisnis.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment