Thursday, October 25, 2012

Sentra Kloset Jatibening

SENTRA KLOSET BEKAS DI JALAN RAYA JATIBENING, BEKASI

Sedia semua merek (1)

Sentra Kloset Jatibening: Sedia semua merek (1)

Kloset bekas hotel (2)

Sentra Kloset Jatibening: Kloset bekas hotel (2)

Pusat penjualan kloset bekas di Jalan Raya Jatibening, Bekasi terkenal karena harganya agak miring. Selain itu, pilihan produknya juga terbilang lengkap.
Para pedagang mendapatkan pasokan kloset dari pelbagai sumber. Di antaranya, dari para pedagang pengumpul (pengepul) di Bekasi dan Jakarta.
Para pengepul ini rutin memasok kloset bekas dalam seminggu atau dua minggu sekali. Biasanya, mereka datang langsung ke sentra kloset di Jatibening ini.
Pengepul sendiri memproleh kloset bekas dari para pencari barang bekas termasuk pemulung. Sekali memasok, mereka biasanya membawa 10 hingga 25 kloset bekas dengan bermacam merek dan model.
Umumnya, para pengepul sudah memiliki pelanggan tetap dari kalangan pedagang di sentra tersebut. "Sehingga, tidak saling berebut barang," kata Tayo, pemilik toko Anggun Jaya Closet.
Selain dari pengepul, para pedagang di sentra Jatibening juga berburu kloset bekas dari tempat pelelangan kloset bekas hotel, apartemen, atau perkantoran. Produk-produk yang mereka dapatkan, baik dari pengepul maupun tempat pelelangan, umumnya masih belum dipoles sama sekali.
Para pedaganglah yang kemudian memolesnya agar menjadi layak pakai lagi.  Ia bilang, perbaikan kloset bekas memerlukan beberapa tahapan. Pertama-tama, pembersihan dengan memakai cairan pembersih keramik berbahan HCL.
Cairan ini disiram merata ke seluruh permukaan kloset dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu, cairan disiram dengan air dan dibersihkan dengan sabun colek.
Menurut Tayo, kloset akan tampak baru kembali dan tidak perlu dilakukan pengecatan ulang. Untuk kloset jongkok, Tayo juga akan menguji coba flush atau tombol penyiram yang ada di kloset, apakah masih berfungsi atau tidak. Jika sudah rusak, ia pun akan menggantinya.
Kholifah, pemilik toko Eka Jaya Closet juga melakukan langkah serupa. Dengan dibantu seorang karyawan, ia bisa memperbarui lima kloset bekas dalam sehari.
Keuntungan dari penjualan kloset bekas ini cukup besar. Soalnya, setelah bersih, kloset bekas bisa dijual dengan harga lumayan tinggi. "Bisa kami jual
Rp 400.000," ujar Kholifah.
Padahal, Kholifah membeli dari pengepul hanya sekitar Rp 200.000 per kloset.

Bisa tukar tambah (3)

Sentra Kloset Jatibening: Bisa tukar tambah (3)

Pusat penjualan kloset bekas di Jalan Raya Jatibening, Bekasi terus berkembang. Bila awalnya hanya ada lima toko, kini sentra ini diramaikan sekitar 20 toko kloset bekas. Kendati semakin banyak toko, para pedagang mengaku tidak khawatir pendapatan turun karena persaingan yang ketat.
Mereka justru menyambut positif munculnya pedagang baru di kawasan ini. "Pendapatan bukannya turun, tetapi semakin baik karena tempat ini semakin ramai dikunjungi," ujar Tayo yang sudah berjualan kloset bekas di Jatibening selama 14 tahun.
Dengan banyaknya pedagang, kata Tayo, konsumen semakin memiliki banyak pilihan. Alhasil, konsumen pun senang belanja kloset di sentra ini. Selain dari Bekasi, sentra ini juga kedatangan konsumen dari Jakarta. Tayo berharap, ke depan jumlah pedagang di Jatibening bisa lebih banyak lagi.
Sehingga, sentra ini dapat menyaingi pusat penjualan kloset bekas di Manggarai, Jakarta Selatan. Sentra kloset bekas di Manggarai ini memang sudah sangat kesohor di Jakata.
Kholifah, pemilik toko Eka Jaya Closet juga menyimpan harapan sama. Dengan semakin banyaknya pemain, ia berharap, sentra kloset bekas di Jatibening ini semakin dikenal luas. "Untuk kawasan Bekasi tempat ini sudah sangat dikenal," ujar Kholifah yang sudah berjualan selama 10 tahun.
Selain mengandalkan pilihan produk yang banyak dengan harga murah, para pedagang juga tetap memberikan pelayanan memuaskan buat menarik konsumen.
Kholifah, misalnya, menyediakan layanan pesan antar. Biasanya layanan ini diberikan kepada pelanggan yang sudah pernah berbelanja di tempatnya.
Selain itu, ia juga juga menyediakan jasa membersihkan plus reparasi toilet dan bathtub milik para pelanggan. Untuk jasa ini, ia mematok tarif mulai Rp 150.000 hingga Rp 200.000.
Sementara Tayo menerima layanan tukar tambah. Selain karena rusak, banyak pelanggan Tayo membeli kloset bekas karena ingin mengganti suasana.
Makanya, banyak pelanggan memberikan kloset lama mereka untuk ditukar dengan kloset bekas yang dijual pedagang.  Dengan sistem tukar tambah, mereka bisa mendapatkan kloset bekas dengan harga jauh lebih murah.

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-kloset-jatibening-sedia-semua-merek-1/2012/10/21
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-kloset-jatibening-kloset-bekas-hotel-2/2012/10/22
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/sentra-kloset-jatibening-bisa-tukar-tambah-3

1 comment: