Thursday, October 4, 2012

Arti Penting Perencanaan Bisnis Strategis


Hits : 824 PDF Cetak E-mail
Rabu, 03 Oktober 2012 15:57
plan_bisnisDemi menggapai kesuksesan dalam berbisnis diperlukan inovasi yang baru. Oleh karena itu, kembangkanlah terus ide-ide dan gagasan Anda agar memperoleh kesuksesan.

Tantangan bagi seorang pengusaha dalam mengelola bisnisnya adalah bagaimana menentukan arus keluar masuk keuangan dan kemampuan dalam merebut pasar strategis, sehingga Anda bisa mengalokasikan sumber-sumber dana untuk mencapai peningkatan. Sumber pendanaan itulah yang dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan yang lebih cepat.

Pada kenyataannya untuk membangun perusahaan dibutuhkan orang yang tepat dalam mengelola keuangan. Pasalnya, orang yang tepat mengelola keuangan ini ibarat polisi lalu lintas, dimana ia dengan cepat dan tanggap membaca situasi, mana yang boleh mengeluarkan uang dan menekan pengeluaran seketat mungkin. Nah, karena hal itu lah yang dapat menimbulkan efsiensi bisnis.

Untuk itu seorang pengusaha yang bijak ia harus memiliki perencanaan yang strategis tentang rencana usaha jangka panjang dan mau mendengarkan saran yang datangnya dari mulut pelanggan langsung, distributor atau dari bidang pemarasan dan produksi, yang tujuannya menjadi market leade dengan perolehan laba yang besar.

Ada tiga faktor kegiatan bisnis yang mempengaruhi perkembangan perusahaan. Pertama, faktor resiko pengambilan keputusan. Cepatnya perubahan pasar mengharuskan seorang pengusaha harus cepat mengambil keputusan, baik resiko gagal maupun berjalan lancar.

Kedua, faktor pesaing atau kompetitor. Produktivitas bisnis Anda akan mengalami peningkatan karena adanya kompetitor. Nammun dalam menghadapi kompetisi yang tinggi dibutuhkan riset pasar untuk mengindikasi permainan pasar yang membantu Anda dalam memahami situasi bisnis. Dari sisi itulah Anda mengerti bagaimana bersikap dan bagaimana sikap pesaing Anda dalam memperbutkan pasar.

Ketiga, sikap ragu-ragu yang masih melekat pada setiap manusia. Seorang pengusaha yang memiliki sikap ragu-ragu dalam merancang atau merencanakan pengembangan, mengikuti perubahan bisnis serta ketidakpastian dalam proses pelaksanaannya. Maka nanti akan mengacaukan keseimbangan daya kepemimpinan Anda dalam berbisnis. (*DI)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/20516--perencanaan-bisnis-yang-strategis.html

No comments:

Post a Comment