Thursday, October 25, 2012

Peluang sedap bisnis kuliner olahan jamur

TAWARAN KEMITRAAN

Peluang sedap bisnis kuliner olahan jamur

Peluang sedap bisnis kuliner olahan jamur
Usaha kuliner olahan jamur tak pernah surut. Bisnis ini kian menjamur lantaran banyak pebisnis kuliner olahan jamur menawarkan kemitraan atau waralaba.
Salah satu pelaku usaha yang kini lagi getol menawarkan kemitraan adalah Krishna Apriatmaja, dengan mengusung merek Kedai Sate Semut di Klaten, Jawa Tengah. Usaha yang berdiri sejak 2009 ini mulai menawarkan kemitraan pada Agustus 2012.
Lantaran baru, Kedai Sate Semut belum memiliki mitra. Namun, Krishna bilang, sudah ada beberapa calon mitra dari luar Pulau Jawa yang berminat untuk menjalin kerjasama. "Tapi, saya belum terima karena mau fokus menguasai pasar di Pulau Jawa dulu," katanya.
Dalam kerjasama kemitraan ini, Krishna mematok biaya investasi sebesar Rp 50 juta. Kerjasama ini mengusung konsep resto. Mitra akan mendapat kontrak kerjasama tiga tahun, peralatan masak dan makan, meja, kursi, kitchen set, desain interior, hingga pelatihan memasak dan budidaya jamur tiram.
Kedai Sate Semut menyediakan aneka menu olahan jamur, seperti sate jamur, jamur crispy, jamur obong, mi jamur, nasi goreng jamur, dan oseng-oseng jamur. Menu itu dijual mulai Rp 8.000 hingga Rp 15.000 per prossi.
Menurut perhitungan Krishna, mitra bisa mendapat omzet hingga Rp 35 juta per bulan, dengan estimasi laba bersih mencapai 40% dari omzet. "Omzet itu bisa tercapai jika lokasi mitra strategis dan gencar promosi," ujarnya.
Dalam kemitraaan ini, Krishna akan memungut biaya royalti sebesar 2,5% dari omzet setiap bulan. Ia optimistis, mitra bisa balik modal dalam jangka 12 bulan hingga 18 bulan sejak membuka usaha.
Dalam kerjasama ini, mitra wajib membeli bumbu dari pusat. Namun, untuk pasokan jamur, para mitra bisa mencari sendiri di pasaran. Hanya, Krishna menyarankan, supaya pasokan jamur lebih terjamin, mitra sebaiknya membudidayakan jamur tiram sendiri. Menurutnya, di musim tertentu seperti musim hujan, pasokan jamur tiram cukup sulit didapat di pasaran.
Kedai Sate Semut                                                                                                                                                                                                         Ngangkruk, Geneng RT 01 RW 02, Prambanan,                                                                                                                                                                     Klaten, Jawa Tengah                                                                                                                                                                                                              HP: 085643275677

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/peluang-sedap-bisnis-kuliner-olahan-jamur

No comments:

Post a Comment