Hits : 1656 |
Jumat, 27 April 2012 08:42 |
Unsur-unsur
penyusun sebuah strategi bisnis yang jitu memang tidak terhitung
jumlahnya. Akan tetapi jika bisa dirangkum, ada beberapa unsur yang
paling lazim ditemui dalam berbagai strategi bisnis yang berhasil.
Banyak strategi jitu yang menyertakan unsur-unsur berikut ini di
dalamnya. Harga dan kualitas Harga dan kualitas ialah unsur strategi yang paling umum ditemui. Strategi ini bisa digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa berkualitas prima dan harga yang sesuai atau menghasilkan barang berbiaya rendah dan menjualnya dengan harga yang murah pula. Cakupan jajaran produk Suatu jajaran produk atau jasa yang bervariasi memuungkinkan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam satu tempat saja. Hal ini juga bisa mendorong perekonomian yang pada gilirannya akan memberi untung pada konsumen. Namun sebaliknya, sebuah jajaran produk yang sedikit memungkinkan Anda untuk menggali potensi produk tersebut dengan lebih dalam, mungkin termasuk banyak alternatif untuk jenis produk yang sama. Variasi produk yang sedikit juga bisa disandingkan dengan keahlian yang seksama. Produk canggih Kita bisa menerapkan strategi penawaran produk yang paling canggih sebagai strategi bisnis. Biasanya produk-produk dengan teknologi terkini memiliki harga yang lebih mahal dibanding produk yang telah ketinggalan jaman. Produk trendi Produk-produk yang bergaya bisa dijual dengan harga premium tetapi juga membutuhkan biaya desain yang lebih tinggi dan lebih berisiko karena keharusan membeli dengan harga yang lebih mahal. Produk yang terkustomisasi Salah satu dari strategi yang paling tidak berisiko untuk usaha kecil ialah dengan menawarkan sejumlah kustomisasiyang biasanya tidak bisa disediakan pabrikan/ korporat besar. Dengan begitu, usaha kecil bisa membedakan penawaran mereka dari tawaran yang sudah baku dari perusahaan yang lebih besar. Ceruk pasar Menawarkan produk atau jasa yang unik yang memenuhi kebutuhan konsumen di sebuah ceruk pasar yang masih terabaikan ialah strategi lain yang berisiko rendah yang bisa dilakukan usaha kecil. Biasanya volume produk yang lebih kecil membutuhkan biaya operasi yang lebih besar tetapi kompetisi yang lebih rendah bisa menjadi kompensasi dari biaya tersebut. Layanan Siasat lain yang bisa diterapkan ialah menyertakan sebuah layanan berkualitas saat menjual sebuah produk. Cara ini diyakini akan dapat membedakan bisnis Anda dari para pesaing yang hanya menawarkan sedikit atau bahkan tidak menawarkan layanan tambahan sama sekali. (*/Entrepreneur.com) |
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/16377-unsur-unsur-penyusun-strategi-bisnis.html
No comments:
Post a Comment