Monday, April 23, 2012

5 Karakteristik Mentor Bisnis Ideal

Views :248 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 23 April 2012 13:15

Meeting_BusinessEntrepreneur terutama yang masih muda cenderung mengandalkan teman mereka untuk mendapatkan nasihat bisnis. Namun hal itu bisajadi sebuah kesalahan. Alasannya ialah teman-teman Anda memberitahukan pada Anda apa yang ingin Anda dengar. Karenanya, jika Anda membutuhkan nasihta bisnis yang lebih baik, dapatkan seseorang selain teman sebagai mentor bisnis.


Seorang mentor mungkin adalah seorang profesional yang memberikan saran dan nasihat untuk entrepreneur demi mencari nafkah atau seseorang yang bekerja dalam industri yang relevan dengan punya Anda dna memiliki kesediaan untuk berbagi dengan Anda. Dan tak seperti kebanyakan teman, mentor profesional biasanya lebih bebas dari bias yang bisa ditemui dalam perkataan dan nasihat seorang teman. Dan karena banyak dari mereka memiliki bisnis di masa lalu atau telah bekerja di bidang industri yang Anda hendak garap, mentor juga bisa memberikan berbagai pengalaman dan wawasan yang belum Anda miliki dan mereka ini bersedia berbagi mengenai trik dan kebijakan untuk menangani tantangan bisnis tertentu.


Jadi bagaimana Anda mentor yang apa adanya? Anda bisa berusaha menemui sebanyak mungkin kenalan baru saat berjejaring di antara teman dan kolega. Pastikan untuk tidak lupa memperhatikan orang-orang yang bisa menjadi panutan bagi Anda. Orang itu adalah seseorang yang memiliki ketrampilan dan  kepribadian yang sesuai dengan jiwa Anda sebagai entrepreneur.


Terdapat 5 karakteristik yang harus dimiliki seorang mentor yang ideal;
  1. Pragmatis. Mayoritas entrepreneur memiliki banyak ide. Sebagian bisa dilaksanakan dengan mudah tetapi sebagian lainnya terlalu sulit diwujudkan dan membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk diwujudkan. Seorang mentor yang baik memiliki pengetahuan dan perspektif yang mendalam dalam hampir setiap aspek bisnis.
  2. Kegigihan. Entrepreneur cenderung terdorong saat menemui krisis. Mudah untuk mengabaikan prioritas utama pertumbuhan bisnis. Berbagi tujuan dengan mentor berarti bahwa jika Anda tidak mencapainya, Anda memiliki seseorang untuk sellau mengingatkan Anda dan membantu Anda kembali pada jalur yang direncanakan.
  3. Stamina. Bisnis yang sukses tak pernah diam saja. Anda harus memiliki ide yang terus mengalir untuk bisa bergerak dan memperluas usaha dengan pemahaman realistis mengenai biaya dan sumber daya yang dibutuhkan. Kemudian harus ada exit strategy yang membutuhkan pernecanaan matang, koneksi dan pemikiran yang disusun jauh-jauh hari.
  4. Koneksi. Saat Anda harus menemukan investor, peralatan dan nasihat akunting atau hukum, mentor Anda memiliki daftar orang yang bisa dimintai bantuan dan mengetahui tempat menemukan informasi yang diperlukan. Lebih baik loagi jika mentor bisa memberitahukan apa yang Anda butuhkan untuk membangun dan memelihara koneksi yang ada.
  5. Perspektif. Seorang mentor mengetahui apa yang harus dicari dan melihat apa yang pelanggan inginkan dari bisnis Anda, Sangat wajar untuk menjadi begitu sulit menelaah secara objektif saat Anda berada di dalam. (*AP)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/16280-5-karakteristik-mentor-bisnis-ideal.html

No comments:

Post a Comment