Tuesday, April 10, 2012

Raup Untung dari Bisnis Tokek


Views :150 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 10 April 2012 13:12
tokek0412Tokek bisa dijual dengan harga fantastis karena konon berkhasiat. Padahal, reptil berkulit yang tertutupi sisik-sisik granular bercampur bintil-bintil dengan jari-jari kaki melebar itu membuat bentuk fisik hewan itu menjijikkan. Namun toh banyak orang rela memelihara binatang itu bertahun-tahun. Banyak pula orang mencari tokek dari satu wilayah ke wilayah lain. Maklum, harga seekor tokek berukuran dan berat spesial bisa sangat mahal.

Itu pula yang mendorong Icuk S, misalnya, menekuni bisnis dan memelihara tokek. Warga Margerejo, Balapan, Surakarta, itu menuturkan ada tokek yang dijual ratusan juta rupiah. Sebagian besar peminat dari kota-kota besar, seperti  Surabaya dan Jakarta. Bahkan ada pihak yang menghubungkan dengan calon pembeli dari Malaysia, China, dan Jepang.

“Namun itu tokek dengan ukuran dan berat spesial. Misalnya, seberat 3 ons, 4 ons, dan 5 ons. Berat segitu bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor. Soal khasiatnya, setahu saya selama ini untuk dunia kesehatan karena dianggap bermanfaat luar biasa,” katanya.

Dia sudah bertahun-tahun menggeluti bisnis itu. Dia juga menyatakan pernah memiliki tokek seharga ratusan juta. Karena supermahal untuk satu ekor, dia harus menakar sang pembeli secara jelas. Bisnis itu rawan penipuan karena banyak broker atau makelar tokek yang terlibat.

“Apalagi mencari tokek pun sulit. Tidak setiap saat ada. Bahkan harus kontak-kontak dengan teman lain di luar daerah. Intinya, bisnis itu nyata. Ngapain kalau tidak benar terus saya geluti.” (*/Suaramerdeka.com)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/agrobisnis/15943-raup-untung-dari-bisnis-tokek.html

No comments:

Post a Comment