Views :851 Times |
Jumat, 27 April 2012 08:56 |
Brand atau
merek merupakan ciri yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis orang
lain. Merek menunjukkan konsep dan cara Anda melakukan suatu bisnis.
Lebih dari itu, merek juga merupakan cara Anda dalam berkomunikasi
dengan dunia. Ibarat memasak, menciptakan suatu merek dengan komposisi
yang sempuna, memerlukan kecermatan bahan dan cara mengolahnya.
Dalam membuat merek yang berhasil pada media komunikasi internet, pastikan Anda telah membangun reputasi yang kuat. Selain itu, merek Anda juga harus konsisten, dalam artian berada pada jalur yang jelas. Bagaimana caranya? Simak lima langkah berikut untuk mencapai branding yang konsisten. 1. Gunakan gambar, logo, dan gaya penulisan yang sama di semua media komunikasi
Merek, umumnya dikaitkan dengan
kemampuan menggambarkan atau mendeskripsikan bisnis secara visual,
padahal sebenarnya lebih dari itu. Merek seharusnya dapat mewakili cara
Anda dalam melihat poduk Anda. Cara inilah yang harus sampai ke persepsi
orang lain. Jadi, pastikan Anda menggunakan elemen-elemen yang
konsisten untuk semua media Anda.
Artinya, desain grafis untuk semua materi promosi harus konsisten. Pastikan logo perusahaan Anda tersiar dengan warna, tipografi, dan pencitraan yang seragam. Media yang anda gunakan misalnya berupa e-mail, iklan pada situs jaringan sosial internet, maupun berupa materi cetakan. Gunakan logo atau foto Anda sebagai avatar, gantilah semua ikon yang bukan ikon bisnis Anda, supaya pembaca tahu siapa yang membuat posting tersebut. Tentukan pesan utama bisnis Anda. Buatlah narasi yang optimistis, cerdas, serius, dapat dipercaya, serta meyakinkan. Dalam berkomunikai dengan pembaca Anda, gunakanlah bahasa dan nada yang mudah mereka terima, sehingga mereka akan mudah mengingatnya. Merek Anda sebaiknya mewakili kebutuhan dan sasaran khalayak. Tentukan kata kunci yang dapat membuat khalayak teringat pada bisnis Anda. Perjelas jenis produk Anda, apakah berupa barang atau jasa. Banyak orang hanya tergoda untuk menggunakan media pemasaran yang sedang tren misalnya dengan menggunakan Twitter atau Facebook. Tapi jangan terkecoh. Lebih dari itu, isi iklan Anda harus konsisten dengan pesan yang sama. 2. Kelola dengan baik orang-orang yang mewakili nilai merek Anda
Yang dimaksud di sini adalah
karyawan, staf pemasaran, atau siapapun yang berkomunikasi dengan
pelanggan untuk menyampaikan pesan merek Anda. Ini adalah hal penting,
terutama jika Anda mempekerjakan orang-orang tertentu untuk membuat
posting di internet atas nama Anda atau merek Anda.
Membuat posting iklan atau blog di portal memang bisa jadi hal yang mudah. Namun jika tidak terkonsep dengan baik, justru bisa membahayakan bisnis Anda. Luangkan waktu untuk mendiskusikan tujuan Anda dengan tim Anda. Dan ingat, Anda tidak harus menggunakan semua media pemasaran di internet. Teliti dan cermatlah tentang kondisi pelanggan Anda, apakah mereka umumnya pengguna internet atau bukan. 3. Pisahkan akun pribadi dengan akun profesional
Misalnya Anda punya akun pribadi di
Facebook. Di akun Anda itu Anda punya jaringan teman, keluarga, dan
masyarakat umum. Lalu rekan bisnis Anda menemukan akun pribadi Anda
itu. Seiring perkembangan waktu, akun pribadi Anda akan banyak
membicarakan bisnis. Tapi kontennya jadi campur aduk dan tidak sesuai
lagi dengan tujuan bisnis, karena di sana Anda akan perlu mengatur
bisnis dan mengatur relasi dengan keluarga dan teman sepergaulan. Akun
Anda akan kelihatan berantakan. Rasanya tidak lucu jika klien bisnis
Anda disuguhkan foto keluarga saat Anda libuan di pantai. Bisnis Anda
jadi tidak terurus dan tidak terfokus.
Jadi, buatlah akun terpisah. Anda perlu merancang kesan yang berbeda untuk bisnis Anda, dan secara bersamaan tetap mengatur relasi dengan pelanggan. Hormati pelanggan Anda, dan jangan sampai mereka justru jadi lebih tertarik dengan hal-hal pribadi Anda. Anda memang perlu (bahkan harus) menunjukkan beberapa sisi kepribadian Anda kepada mereka, karena hal itu merupakan bagian dari brand yang Anda jual. Tapi lakukanlah sebatas hanya memberi tahu tentang dunia bisnis, pekerjaan, dan keahlian industri Anda. 4. Gabungkan media pemasaran surat elektronik dengan media lain
Buatlah posting
yang konsisten dengan pesan merek Anda. Publikasikanlah kisah sukses
pelanggan Anda. Dalam ilmu komunikasi pemasaran, tidak ada cara yang
lebih efektif dibanding testimoni kisah kesenangan pelanggan Anda dalam
menggunakan brand Anda.
5. Pantau respon pembaca
Perhatikanlah, apakah bisnis Anda
sesuai dengan merek yang Anda janjikan? Anda harus sering-sering
mengecek website, situs jaringan sosial, atau blog. Perhatikan komentar
positif dan negatif mereka tentang bisnis Anda. Coba ketik di mesin
percari nama merek Anda dengan kata kunci ‘review’ atau ‘komentar’.
Setelah itu lihat apa yang pembaca katakan tentang bisnis Anda, tentang
industri Anda, dan tentang pesaing Anda.
Anda perlu memperkuat brand dalam semua media komunikasi. Cara ini akan membantu pelanggan Anda dalam memahami manfaat yang Anda tawarkan, dan apa keunggulan bisnis Anda. Pastikan semua koki di dapur Anda mampu mewakili merek Anda secara konsisten untuk semua media. Jika mereka berhasil mengelolanya, bisnis Anda dijamin akan cepat berkembang, dan akan semakin banyak pelanggan yang puas. |
Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/16378-resep-membuat-merek-anda-konsisten.html
No comments:
Post a Comment