Wednesday, April 4, 2012

TAWARAN KEMITRAAN PENDIDIKAN: BIMBINGAN BELAJAR


Laba dari siapkan siswa ikut ujian nasional


Laba dari siapkan siswa ikut ujian nasional


Ada yang ingin anaknya bisa semakin menguasai mata pelajaran di sekolah. Ada pula yang menginginkan buah hatinya bisa lebih siap menghadapi ujian nasional. Melihat tingginya animo masyarakat itu, tak heran, bisnis bimbel kian menjamur termasuk berbagai tawaran waralaba maupun kemitraan bimbel.

Salah satu pemain di bisnis ini adalah Gama Exact. Lembaga bimbel yang sudah berdiri sejak tahun 2000 ini mulai menawarkan waralaba pada 2007 lalu. Saat ini, Gama Exact sudah memiliki 10 cabang di Jakarta dan Bekasi. Dari jumlah itu, tiga di antaranya milik mitra dan tujuh sisanya kepunyaan sendiri.

Anto Sarwanto, Kepala Cabang Gama Exact, bilang bahwa prospek usaha bimbel sekarang ini cukup cerah karena telah menjadi kebutuhan dasar setiap orang dan berlangsung terus-menerus.

Anda tertarik bermitra dengan Gama Exact? Gama Exact menawarkan paket investasi dengan franchise fee sebesar Rp 50 juta selama lima tahun. Dengan biaya ini, mitra sudah mendapat peralatan operasional awal, seperti sarana belajar dan spanduk, serta pendampingan selama satu tahun. Mitra juga memperoleh training guru dan strategi pemasaran.

Namun, di luar itu, mitra juga perlu menyiapkan biaya sewa tempat dan pengadaan sarana belajar, semisal meja, kursi, dan papan tulis. Perkiraannya, biaya sewa tempat dan sarana belajar ini mencapai Rp 100 juta. Sehingga, total investasinya adalah Rp 150 juta. "Tempatnya bisa berupa ruko dengan minimal empat kelas," jelas Anto.

Mitra bisa balik modal dalam waktu setahun. Dengan catatan, mitra bisa mendapatkan 250 siswa dengan biaya bimbel mulai Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta per orang per tahun. "Tergantung program yang diambil," katanya.

Dengan jumlah siswa sebanyak itu, mitra bisa mengantongi omzet hingga Rp 60 juta. Dari penghasilan itu, Gama Exact akan memungut royalty fee 10% setiap bulan.

Gama Exact menyasar siswa mulai dari SD hingga SMA. Di lembaga bimbel ini, siswa dapat mengambil mata pelajaran bahasa Inggris, bahasa Indonesia, matematika, ilmu pengetahuan alam (IPA), dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Khusus siswa SMA, disediakan juga program bimbel untuk mengikuti ujian nasional. Selain itu, Gama Exact juga melayani siswa yang mau mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Menurut Levita Supit, Ketua Waralaba dan Lisensi Indonesia, prospek usaha bimbel masih cukup bagus. Tapi, bisnis ini sudah disesaki banyak pemain termasuk pemain lama yang sudah populer.

Sebuah bimbel cepat mendapat kepercayaaan masyarakat bila tingkat kelulusan siswa yang dibinanya tinggi. "Misalnya, siswa yang masuk perguruan tinggi negeri banyak," imbuh Levita.

Gama Exact
Gedung Sanggar Pramuka
Kompleks TNI AL Dewa Kembar
Jl. Kebantenan Raya 45 Cilincing, Jakarta Utara
Telp. (021) 98282221

Sumber:
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/laba-dari-siapkan-siswa-ikut-ujian-nasional

No comments:

Post a Comment