Monday, April 23, 2012

Elemen yang Harus Ada dalam Rencana Penjualan

Hits : 974 PDF Cetak E-mail
Minggu, 22 April 2012 08:23
rencana_pemasaran0412Perusahaan menyusun sebuah rencana penjualan yang diharapkan akan dapat mendatangkan sebanyak mungkin keuntungan. Rencana penjualan dalam sebuah perusahaan terdiri dari penentuan tujuan produk untuk jumlah produk yang diproyeksikan akan dijual. Lokasi di mana produk paling banyak diminati dan penentuan harga yang tepat yang tergantung pada besaran penjualan yang hendak dicapai. Sebuah rencana penjualan yang ideal mencakup fleksibilitas saat berkenaan dengan situasi tak terduga saat.

Berikut elemen yang harus ada dalam perencanaan penjualan:

Tujuan produk

Sebuah rencana penjualan yang baik meliputi pengembangan tujuan yang masuk akal berdasarkan pada periode tahunan, bulanan, atau mingguan. Sebuah perusahaan akan menggunakan proyeksi pasar dan meneliti tren untuk mengembangkan sebuah representasi grafis. Dengan berbekal grafik dan diagram penjualan, perusahaan dapat merancang prosedur operasional perusahaan dalam memberikan produk atau jasa ke tangan pelanggan versus kebutuhan pelanggan.

Saluran penjualan

Unsur-unsur yang ada dalam sebuah rencana penjualan memperkenalkan saluran penjualan yang sesuai, yaitu di mana saja sebaiknya produk bisa dipasarkan. Perusahaan bisa menjual produk atau jasa dengan menggunakan katalog, melalui pengecer, lewat telepon, atau via online. Namun, perusahaan harus mempertimbangkan konflik apa saja yang bisa muncul saat menjual secara langsung ke pelanggan versus menyediakan produk kepada para pengecer. Mungkin akan ditemui generasi penjualan yang berbeda berdasarkan perusahaan yang mengendalikan penentuan harga secara langsung kepada pelanggan atau para pengecer yang menentukan harga yang ditetapkan untuk menghasilkan keuntungan.

Pembayaran dan penentuan harga

Sebuah rencana penjualan perusahaan yang ideal terdiri dari mengetahui bagaimana menentukan harga produk atau jasa. Hal ini bisa dilakukan dengan berdasarkan riset pasar sehubungan dengan harga pesaing. Sebuah rencana penjualan harus memuat dan menitikberatkan pada opsi pembayaran yang akan diterima seperti cek, tunai, kartu kredit, kartu debit dan layanan pembayaran online lainnya seperti PayPal. Sebuah elemen dari rencana penjualan yang baik akan memasukkan sebagai pertimbangan jenis pelanggan yang akan membeli paling banyak produk perusahaan dan proses pembayaran baku yang pelanggan tersebut gunakan selama transaksi. (*/AS)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/16252-elemen-yang-harus-ada-dalam-rencana-penjualan.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment