Saturday, April 7, 2012

5 Langkah Mudah Siapkan Logo Bisnis


Views :589 Times PDF Cetak E-mail
Sabtu, 07 April 2012 07:44
logo-brndmrkLogo berperan penting dalam cepat dikenal atau tidaknya sebuah bisnis oleh kalangan konsumen. Namun, mempersiapkan sebuah logo untuk iklan di dunia maya dan bahan pemasaran dalam bentuk cetak  akan sangat menantang, apalagi jika kita belum mengetahui dengan baik dan belum berpengalaman sebelumnya dalam dunia periklanan atau desain grafis. Sebagian besar orang membuat logo tetapi masing-masing memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda. Persiapan logo yang kurang berhasil menyebabkan kerugian waktu, uang, dan  pikiran.

Ikuti lima langkah mudah ini untuk mempersiapkan logo untuk bahan pemasaran:
  1. Beli dan gunakan sebuah piranti lunak grafis. Program  gambar vektor cukup ideal untuk membuat sebuah logo yang representatif.
  2. Buatlah agar resolusi file logo Anda setidaknya 300 dot per inchi sebelum memulai bekerja. Abaikan saran ini jika Anda menggunakan program gambar vektor untuk mendesain logo. Sebuah logo yang beresolusi 300 dot per inchi sudah dapat dikatakan berkualitas tinggi untuk pencetakan profesional terutama untuk kartu nama atau bahan lainnya.
  3. Tetapkan ukuran logo Anda. Semua jenis logo sebaiknya cukup jelas dibaca atau dilihat saat desain logo diperkecil  atau diperbesar. Gunakan satu warna saat mendesain logo Anda untuk bahan pemasaran dengan satu warna.
  4. Desainlah logonya. Logo teks bisa menjadi solusi yang baik jika Anda kurang begitu mengenal prinsip-prinsip  dasar desain grafis .
  5. Simpanlah logo tersebut dalam ekstensi file jenis .eps atau .jpg yang dapat dibuka dengan mudah oleh desainer bahan pemasaran dan dicetak oleh mesin cetak. Ekspor file tersebut sebagai file jenis jpg dengan resolusi 300 dot per inchi jika piranti lunak grafis Anda mengharuskan demikian.

Menyiapkan Logo untuk Penggunaan Online dapat dilakukan dalam lima langkah mudah berikut ini:
  1. Bukalah program piranti lunak grafis Anda. Gunakan piranti lunak grafis seperti manipulasi foto atau program gambar vektor.
  2. Set resolusi file gambar hingga menjadi 72 dot per inchi sebelum Anda mulai bekerja. Abaikan petunjuk ini jika Anda menggunakan program gambar vektor untuk persiapan logo Anda.
  3. Dapatkan sebuah kanvas dengan ukuran logo Anda. Semua unsur grafis harus dapat dilihat dengan jelas di hasil akhir Anda nanti.
  4. Desain logo. gabungkan grafik yang relevan dan clip art yang sesuai. Logo yang hanya berupa teks lebih mudah untuk dibuat.
  5. Simpanlah logo tersebut sebagai file  dengan ekstensi .jpg. Format ini secara universal diakui dan digunakan secara luas oleh berbagai macam desainer web dan penyedia iklan online. Eksporlah logo tersebut sebagai file jpg dengan resolusi 72 dot per inchi jika Anda mendesainnya  dalam program gambar vektor.

Tips dan saran:
  • Program gambar vektor yang disimpan dalam format .eps dapat disesuaikan ukuran logonya selama proses desain bahan pemasaran.
  • Logo yang dibuat di piranti lunnak manipulasi foto sudah tidak bisa diubah. Format .eps lebih mudah disesuaikan dan disesuaikan ukurannya untuk penggunaan dengan mesin cetak komersial.
  • Usaha untuk memperbesar file logo sebesar 72 dot per inchi  untuk penggunaan dalam bahan cetak bisa menjadi kurang memuaskan karena ada kemungkinan menjadi kabur. Sebuah logo yang terlihat baik di tampilan web tidak dengan sendirinya akan terlihat bagus saat tertampil dalam cetakan. Persiapkan logo untuk penggunaan pada bahan cetak  dengan resolusi yang ditentukan oleh mesin cetak komersial agar mendapat hasil terbaik. 300 dot per inchi ialah resolusi cetak baku industri.
(*AP)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/15854-5-langkah-mudah-siapkan-logo-bisnis-.html

No comments:

Post a Comment