Senin, 14 Mei 2012 14:10 |
Tak
peduli apakah Anda pengusaha kecil atau entrepreneur berpengalaman yang
telah berada di puncak kesuksesan, , masukan konsumen tetaplah penting.
Namun, bisa jadi sangat sukar untuk memilah-milah masukan yang
diberikan konsumen secara online karena demikian banyak dan frekuensinya
yang sering. Evaluasi apa yang memiliki nilai dan mana yang kurang
memberikan kontribusi positif? Pertimbangkan poin-poin berikut ini saat
berhadapan dengan masukan negatif dari konsumen:
- Cari solusi: Berikan tanggapan dan tawarkan cara
untuk membalik situasi yang ada. Selalu berupaya untuk memecahkan
masalah dengan kepala dingin dan itikad baik.
- Jangan perlakukan semua komentar dengan cara yang sama:
Ulasan yang dipublikasikan secara anonim seharusnya tidak pernah
diperlakukan sama seperti kita memperlakukan sebuah komentar yang
disertai nama yang jelas dan nyata.
- Undang konsumen untuk berkomentar: Jika Anda merasa
lebih terbuka terhadap masukan, mungkinAnda dapat lebih membuka diri
terhadap masukan positif. Ciptakan forum untuk berdiskusi mengenai
produk atau layanan, ijinkan pelanggan/ konsumen untuk mengirimkan video
berisi testimoni, dan persilakan konsumen untuk berinteraksi via
jejaring sosial. (*AP)
|
Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/53-pelayanan-konsumen/16837-respon-masukan-konsumen-online-dengan-cermat.html
No comments:
Post a Comment