Monday, May 14, 2012

Respon Masukan Konsumen Online dengan Cermat


Views :486 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 14 Mei 2012 14:10
Tak peduli apakah Anda pengusaha kecil atau entrepreneur berpengalaman yang telah berada di puncak kesuksesan, , masukan konsumen tetaplah penting. Namun, bisa jadi sangat sukar untuk memilah-milah masukan yang diberikan konsumen secara online karena demikian banyak dan frekuensinya yang sering. Evaluasi apa yang memiliki nilai dan mana yang kurang memberikan kontribusi positif? Pertimbangkan poin-poin berikut ini saat berhadapan dengan masukan negatif dari konsumen:
  • Cari solusi: Berikan tanggapan dan tawarkan cara untuk membalik situasi yang ada. Selalu berupaya untuk memecahkan masalah dengan kepala dingin dan itikad baik.
  • Jangan perlakukan semua komentar dengan cara yang sama: Ulasan yang dipublikasikan secara anonim seharusnya tidak pernah diperlakukan sama seperti kita memperlakukan sebuah komentar yang disertai nama yang jelas dan nyata.
  • Undang konsumen untuk berkomentar: Jika Anda merasa lebih terbuka terhadap masukan, mungkinAnda dapat lebih membuka diri terhadap masukan positif. Ciptakan forum untuk berdiskusi mengenai produk atau layanan, ijinkan pelanggan/ konsumen untuk mengirimkan video berisi testimoni, dan persilakan konsumen untuk berinteraksi via jejaring sosial. (*AP)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/53-pelayanan-konsumen/16837-respon-masukan-konsumen-online-dengan-cermat.html

No comments:

Post a Comment