Sunday, May 20, 2012

Pentingnya Adaptasi dalam Berbisnis

Views :314 Times PDF Cetak E-mail
Minggu, 20 Mei 2012 08:55
biz_risk0412Dalam sebuah pertandingan olahraga tentu kita sering menyaksikan sebuah tim pada awalnya tertinggal jauh dari lawannya namun pada babak berikutnya justru bisa membalikkan keadaan dan akhirnya menang. Begitu pula dalam hal bisnis, manakala bisnis kita stagnan atau bahkan merosot perkembangannya, rasanya semua buntu. Banyak usaha yang akhirnya bangkrut karena kondisi tidak juga membaik. Namun keadaan akan menjadi lain jika kita mampu membalikkan keadaan. Maka salah satu cara dalam mengatasi kondisi ini adalah membalikkan keadaan secepatnya sebelum semuanya menjadi akut.

Dalam kondisi demikian proses membalikkan arah memerlukan kecepatan dan ketepatan, karena pada dasarnya seleksi alam juga berlaku bagi bisnis usaha kecil. Kondisi ini memang kondisi yang paling sulit dalam perjalanan bisnis, namun saat kita menemukan jalan terang inilah energi terbesar untuk mengubah keadaan.

Membalikkan keadaan mengatasi kemerosotan bisnis diperlukan kemampuan beradaptasi pada perkembangan zaman. Bukan pebisnis terkuat maupun tercerdas yang mampu bertahan hidup, melainkan pebisnis yang paling responsif terhadap perubahan.

Perusahaan-perusahaan pun memiliki dinamika dan siklus hidup yang dari waktu ke waktu harus berjuang menghadapi ancaman kemerosotan, bahkan kepunahan. Hanya perusahaan-perusahaan yang cepat beradaptasi dengan alam dan lingkungan baru yang bisa lolos dari ancaman kepunahan. Ini hukum alam biasa, tak ada yang terlalu istimewa sebetulnya.

Jika perubahan berhasil dilakukan, bisa jadi perusahaan rugi menjadi untung. Dari perusahaan biasa-biasa saja alias stagnan menjadi perusahaan dinamis dan selalu tanggap terhadap kebutuhan pelanggan. Dari perusahaan yang nyaris bangkrut menjadi bersinar. (*/dari berbagai sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/16992-pentingnya-adaptasi-dalam-berbisnis.html

No comments:

Post a Comment