Saturday, May 5, 2012

5 Strategi Pemulihan Bisnis

Views :318 Times PDF Cetak E-mail
Sabtu, 05 Mei 2012 12:16
Berikut merupakan 5 strategi pemulihan yang bisa Anda terapkan jika keadaan bisnis kurang cerah:
  1. Mengejar bisnis yang masih berulang:  Akan jauh lebih murah untuk mempertahankan  prospek bisnis yang berulang dari pelanggan yang sudah ada daripada berjuang mendapatkan prospek bisnis yang sama sekali baru.  Kini sudah saatnya untuk menuai manfaat dari hubungan pelanggan yang sudah terbina baik yang Anda sudah pelihara selama ini.
  2. Fokus pada kompetensi kunci Anda: Periksalah setiap pengeluaran dalam bisnis Anda. Mungkin ini saatnya untuk melakukan outsourcing pada sejumlah bagian usaha seperti call center atau pendirian manufaktur yang rumit. Carilah kegiatan yang mengoptimalkan sumber daya tanpa menghasilkan pemasukan signifikan.
  3. Dapatkan tenaga kerja: Jika keadaan ceruk pasar Anda kurang menggembirakan secara umum, peluang Anda untuk mendapatkan tenaga kerja ahli di bidang tersebut juga akan lebih mudah dari biasanya.
  4. Respon dengan cepat terhadap perubahan pasar: Ekonomi hampir pasti mempengaruhi pelanggan Anda.  Mereka mungkin sudah mengubah kebiasaan dan pola pembelian mereka dan merasa memiliki kebutuhan lain. Peluang Anda sekarang untuk menanggapi perubahan itu. Ini merupakan celah peluang untuk memperluas jajaran produk Anda, mengubah kanal distribusi Anda atau menawarkan layanan baru.
  5. Carilah pemasukan tersembunyi: Kadang sumber pemasukan baru terbaik berada tepat di sekitar Anda. Misalnya, menawarkan layanan baru untuk mendukung produk Anda bisa menjadi awal yang baik.
Mayoritas pendiri bisnis yang kita ketahui sepakat bahwa keadaan ekonomi atau sektor industri yang kurang menggembirakan bisa mengajarkan pentingnya untuk tetap fokus, membuat keputusan dengan lebih baik dan terarah, menjadi lebih efisien dan mengawali sistem dan prosedur yang akan membantu posisi mereka dalam pemulihan ekonomi. Dengan hanya memutuskan untuk bermain aman, Anda tidak akan pernah menang dari pesaing.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/16585-5-strategi-pemulihan-bisnis.html

No comments:

Post a Comment