Views :335 Times |
Selasa, 01 Mei 2012 13:38 |
Banyak
hal yang dapat dilakukan dalam mendongkrak pemasaran dan penjualan.
Anda dapat melakukan hal kecil yang membawa konsumen nyaman untuk
berbelanja di toko Anda, misalnya dengan membebaskan biaya parkir pada
toko Anda, tetapi keamanan tetap dirasakan bagi konsumen kendaraannya
parkir di toko Anda. Hal tersebut bisa menjadi fasilitas yang pertama
yang akan dinikmati konsumen yang berbelanja di toko Anda. Penjualan juga dapat Anda tingkatkan dengan meningkatkan pemasaran. Pemasaran tidak berakibat langsung kepada penjualan tetapi pemasaran berpengaruh langsung terhadap customer awareness (kesadaran konsumen) dan customer image (persepsi konsumen). Jika tingkat kesadaran konsumen di sekitar toko Anda sudah baik terhadap nama atau brand toko yang sudah Anda tentukan dan banyak orang yang mengetahui lokasi toko tersebut, itu akan sangat membantu penjualan. Tahapan berikutnya adalah peningkatan persepsi konsumen pada toko Anda misalnya persepsi “murah dan mudah.” Hal itu dapat ditanamkan kepada konsumen dan calon konsumen toko Anda. Jadi jika mau belanja ”mudah dan murah” toko Anda lah jawabannya. Dalam teori "The 5 Arrows Marketing Strategy Arrbey," pengembangan konsep strategi pemasaran di implementasikan menjadi lima tahapan sebagai berikut: 1. Competition understanding Memahami kompetisi yang sedang terjadi pada pasar peritel secara mikro, terkait lokasi, harga, kualitas, fasilitas, dan lain-lain. 2. Crafting marketing plan Membuat strategi pemasaran yang tepat untuk toko, misalnya dapat memanfaatkan lahan parkir sebagai tempat nongkrong atau santai anak muda dan keluarga. 3. Commencing marketing plan Perencanaaan di atas harus direalisasikan dalam tindakan jadi. Lakukanlah perubahan mulai dari yang kecil dan lakukanlah mulai dari sekarang. 4. Enhancing marketing performance Percepatan harus dilakukan untuk memanfaatkan peluang dan momentum yang telah didapat. Pada situasi pengembangan peluang yang ada, harus dimanfaatkan secara maksimal. Maka bukan tidak mungkin kalau target satu tahun dapat dicapai dalam waktu tiga bulan. 5. Reviewing Setelah sebuah proses strategi marketing diterapkan kita harus tetap review dan melihat sejauh mana keefektifan strategi marketing yang kita terapkan. (*/Okezone/AS) |
Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/16476-kunci-mendongkrat-penjualan-toko-anda.html
No comments:
Post a Comment