Wednesday, May 9, 2012

Inilah Etika Jamuan Makan Bisnis

Views :278 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 09 Mei 2012 09:36
makan_biz0512Sebagai entrepreneur, menjalin relasi dengan rekan bisnis atau menghadiri undangan makan dengan orang-orang penting tak dipungkiri sering Anda lakukan. Menjaga citra diri dan aturan wajib dilakukan demi menjaga kelancaran bisnis.

Makan siang, makan malam atau sekadar duduk dan berbincang di kedai kopi adalah sarana hangat yang dapat dimanfaatkan untuk mempererat hubungan bisnis. Namun walaupun dalam suasana santai seperti itu bukan berarti Anda bisa bebas melakukan semua hal. Anda tetap harus menjaga sikap dan bertindak sopan serta profesional di hadapan rekan Anda.

Beberapa etiket perlu Anda tahu untuk membangun citra dan kepercayaan pada relasi atau atasan Anda yang dikutip dari vemale.com:

1. Datanglah tepat waktu! Tidak memungkiri memang jalanan akan macet atau sesuatu menghambat Anda, seandainya hal ini terjadi, maka segera memberi kabar akan keterlambatan Anda. Setidaknya pemberitahuan Anda akan membuat mereka memaklumi perihal keterlambatan Anda tersebut.

2. Jika Anda di posisi menunggu, bersabarlah untuk menunggu sekitar 15-30 menit, jangan terus-terusan menelepon mereka untuk memastikan kedatangannya. Tunggulah terlebih dahulu, jika memang terlalu lama maka Anda boleh menghubunginya.

3. Matikan semua ponsel dan alat komunikasi yang Anda miliki selama Anda makan siang atau makan malam bersama mereka.

4. Pesanlah menu yang sederhana, tidak terlalu ribet dan tidak mewah.

5. Tunggu sampai semua orang mendapatkan masing-masing orderan menu sebelum Anda memulai menyantap menu Anda sendiri. Sikap sopan ini berarti Anda menghargai kebersamaan dan kerja sama yang akan Anda jalin bersama mereka.

6. Pastikan Anda membayar bill jika memang Anda di posisi mengundang dan menjamu tamu. Jangan biarkan mereka merogoh kocek sendiri.

7. Jangan letakkan tas file, sisir, lipstik, cermin atau barang-barang yang tidak seharusnya ada di meja makan.

8. Jangan berbicara dengan mulut penuh. Untuk itu suap sedikit demi sedikit makanan ke dalam mulut Anda, mengingat dalam momen ini Anda butuh banyak berbincang.

9. Hindari pemilihan menu yang akan menyulitkan Anda. Pilih yang mudah dipotong dan disantap tanpa membutuhkan usaha lebih. Serta hindari menu makanan yang menggunakan tangan, selalu gunakan sendok garpu atau pisau makan.

10. Jangan memesan minuman beralkohol, sekalipun klien Anda memintanya.

11. Jika Anda memiliki masalah dengan menu yang Anda santap, jangan menunjukkan emosi Anda dan marah-marah di depan tamu. Sebaiknya datangi pramusaji dan katakan keluhan Anda padanya.

12. Jangan berbicara dengan kedua tangan memegang garpu - sendok atau pisau ke atas. Ini akan membuat posisi lawan bicara merasa tidak aman. Setidaknya letakkan dulu alat makan Anda ketika hendak mengutarakan sesuatu.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/16688-inilah-etika-jamuan-makan-bisnis.html

No comments:

Post a Comment