Selasa, 01 Mei 2012 13:35 |
 Jika Anda bisa dengan akurat meramalkan biaya dan penjualan Anda, melaksanakan analisis Break Even Point
bukanlah hal yang terlampau rumit. Sebuah perusahaan telah mencapai BEP
atau titik impas saat total penjualannya atau pemasukan setara dengan
pengeluaran keseluruhannya. Pada titik impas, tidak ada laba yang
dihasilkan atau kerugian yang diderita. Kalkulasi ini penting bagi semua
pebisnis karena titip impas batasan terendah laba saat menentukan
margin. Menentukan biaya
Terdapat sejumlah tipe biaya untuk dipertimbangkan saat melaksanakan
analisis BEP. Sekadar mengingatkan pada kita beberapa istilah yang perlu
diketahui dalam analisis BEP.
- Biaya tetap: Ini
termasuk biaya yang sama terlepas dari berapa banyak jumlah barang
yang Anda berhasil jual. Seluruh biaya mendirikan usaha, seperti
biaya sewa, asuransi dan komputer, dipanggap sebagai biaya tetap
karena Anda harus menetapkannya sebelum Anda menjualbarang pertama Anda.
- Biaya variabel: Biaya ini meliputi
biaya yang timbul terus menerus yang Anda serap dengan setiap unit
yang Anda jual. Misalnya jika Anda menjalankan toko kartu ucapan
yang mengharuskan Anda membeli kartu ucapan dari perusahaan
tertentu dengan harga Rp 10.000 per lembar, maka jumlah uang
tersebut mewakili biaya variabel. Saat perusahaan dan penjualan
meningkat, Anda bisa mulai menyesuaikan tenaga kerja dan aspek lainnya
sebagai biaya variabel jika memang masuk akal dalam industri yang
Anda garap.
Menetapkan harga
Hal ini penting bagi analisis BEP, Anda tak bisa menghitung pemasukan
yang bisa didatangkan jika Anda tak mengetahui harga per produk. Harga
per unit mengacu pada jumlah yang Anda rencanakan untuk dibebankan pada
pelanggan untuk membeli satu unit produk.
- Psikologi penetapan harga: Penetapan
harga dapat melibatkan proses pembuatan keputusan yang cukup rumit
pada sisi konsumen dan ada banyak penelitian mengenai pemasaran
dan psikologi mengenai bagaimana konsumen memandang harga.
- Metode penetapan harga: Terdapat
sejumlah aliran berbeda dalam cara menetapkan harga saat
melaksanakan analisi BEP. Ini bisa berupa campuran antara faktor
kualitatif dan kuantitatif. Jika Anda menciptakan produk unik dan
baru, Anda harus mampu menetapkan harga premium tetapi jika Anda
memasuki industri kompetitif, Anda harus tetap menjaga agar harga
selaras dengan tingkatan yang terjadi atau mungkin bahkan
menawarkan potongan harga untuk mendapatkan pelanggan agar mau
beralih pada perusahaan Anda.
- Satu strategi yang lazim digunakan
ialah “penentuan harga berdasarkan biaya”, yang membutuhkan
pemikiran mendalam mengenai berapa banyak yang dibutuhkan untuk
menghasilkan satu unit barang dan menetapkan harga hingga ke
tingkatan tersebut dan margin laba yang sudah ditetapkan
sebelumnya. Pendekatan ini dihindari sebagian pebisnis karena
memberikan celah bagi para pesaing yang bisa memproduksi dengan
harga lebih rendah dari Anda bisa dengan mudah mengalahkan Anda
dalam segi harga. Metode lainnya yakni “pembiayaan berdasarkan harga’
yang mendorong pemilik bisnis untuk ‘memulai dengan harga yang
pembeli hendaki untuk bayarkan (saat mereka memiliki alternatif
kompetitif) dan menyesuaikan biaya sedemikian rupa sehingga
memenuhi syarat harga. Dengan demikian jika Anda menghadapi pesaing
baru, Anda bisa menekan harga dan masih tetap meneguk untung.
Formulanya:Jjangan khawatir karena
perhitungannya sangat simpel. Untuk melakukan analisis BEP, tentukan
biaya tetap, bagilah dengan harga yang Anda miliki, kurangi dengan biaya
variabel. Sebagai satu persamaan, ini bisa dituangkan sebagai berikut: Break Even Poin (titik impas) = biaya tetap (harga jual per unit - biaya variabel)
Kalkulasi ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa banyak
unit produk yang Anda harus jual agar bisa mencapai titik impas (BEP).
Setelah Anda mencapai titik itu, Anda bisa menutup semua biaya yang
berhubungan dengan proses produksi produk Anda (baik yang tetap dan
variabel). Di atas titik BEP, setiap unit tambahan yang terjual
mempertinggi laba berdasarkan jumlah margin laba per unit, yang
ditentukan sebagai jumlah yang disumbangkan setiap unit untuk menutup
biaya tetap dan menambah laba. Sebagai suatu persamaan, hal ini bisa
didefinisikan sebagai:
Margin kontribusi unit = harga jual - biaya variabel
Mencatat informasi ini dalam sebuah lembar kerja akan memudahkan Anda
untuk membuat penyesuaian saat biaya berubah nantinya, dan Anda juga
harus mengatur berbagai opsi harga dan menghitung titik impas yang
dicapai. Anda bisa menggunakan sebuah program seperti Goal Seek dari
Excel jika Anda ingin memberikan Anda sendiri sebuah tujuan laba yang
ditentukan, katakanlah 1 juta dollar, dan kemudian kembali bekerja untuk
melihat berapa banyak unit yang Anda harus jual utnuk mencapai angka
tersebut. Kalkulator Terdapat beberapa kalkulator online yang bisa digunakan untuk membantu Anda melakukan analisis titik impas:
- Case Western Reserve University
menawarkan kalkulator analisis BEP yang memasukkan ulasan istilah
mikroekonomi yang relevan.
- Kalkulator keuangan memungkinkan Anda untuk membuat grafik dan laba akan tampak di grafik.
- Inc.com menawarkan kalkulator
analisis BEP yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan penjualan
tahuann seracar rinci dan biaya sampingan tahunan keseluruhan dan
biaya penjualan dan memungkinkan pengguna melakukan delineasi
periode perhitungan terperinci dalam hitungan minggu.
Batasan
Sangat penting untuk memahami makna di balik hasil analisis ini bagi
Anda. Jika misalnya kalkulasi memberitahukan bahwa Ana akan mencapai
titik impas saat Anda menjual unit ke 500 Anda, putuskan apakah hal itu
mungkin tercapai. Jika Anda tidak yakin Anda bisa menjual unit ke 500
Anda dalam periode waktu yag masuk akal (yang ditentukan oleh situasi
keuangan Anda, kesabaran dan ekspektasi pribadi), maka ini bisa jadi
bukan bisnis yang tepat untuk Anda masuki. Jika Anda yakin bisa meraih
target tersebut, tetapi dengan waktu yang lumayan lama, cobalah untuk
merendahkan harga Anda dan menghitung dan menganalisis titik impas.
Sebagai penggantinya, amatilah biaya tetap dan variabel dan temukan
bagian yang bisa dihemat. Akhirnya, pahami bahwa analisis BEP ini bukan
untuk meramalkan permintaan sehingga jika Anda berada di pasar dengan
produk yang salah atau harga yang kurang pas, akan terasa sukar untuk
mencapai titik impas. (*AP)
|
Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/16479-cara-mudah-hitung-titik-impas.html
SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
ReplyDeleteDEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG GAIB
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<