Tuesday, May 1, 2012

Cara Mudah Hitung Titik Impas


Views :245 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 01 Mei 2012 13:35
bep0412Jika Anda bisa dengan akurat meramalkan biaya dan penjualan Anda, melaksanakan analisis Break Even Point bukanlah hal yang terlampau rumit. Sebuah perusahaan telah mencapai BEP atau titik impas saat total penjualannya atau pemasukan setara dengan pengeluaran keseluruhannya. Pada titik impas, tidak ada laba yang dihasilkan atau kerugian yang diderita. Kalkulasi ini penting bagi semua pebisnis karena titip impas batasan terendah laba saat menentukan margin.

Menentukan biaya
Terdapat sejumlah tipe biaya untuk dipertimbangkan saat melaksanakan analisis BEP. Sekadar mengingatkan pada kita beberapa istilah yang perlu diketahui dalam analisis BEP.
  • Biaya tetap: Ini termasuk biaya yang sama terlepas dari berapa banyak jumlah barang yang Anda berhasil jual. Seluruh biaya mendirikan usaha, seperti biaya sewa, asuransi dan komputer, dipanggap sebagai biaya tetap karena Anda harus menetapkannya sebelum Anda menjualbarang pertama Anda.
  • Biaya variabel: Biaya ini meliputi biaya yang timbul terus menerus yang Anda serap dengan setiap unit yang Anda jual. Misalnya jika Anda menjalankan toko kartu ucapan yang mengharuskan Anda membeli kartu ucapan dari perusahaan tertentu dengan harga Rp 10.000 per lembar, maka jumlah uang tersebut mewakili biaya variabel. Saat perusahaan dan penjualan meningkat, Anda bisa mulai menyesuaikan tenaga kerja dan aspek lainnya sebagai biaya variabel jika memang masuk akal dalam industri yang Anda garap.

Menetapkan harga
Hal ini penting bagi analisis BEP, Anda tak bisa menghitung pemasukan yang bisa didatangkan jika Anda tak mengetahui harga per produk. Harga per unit mengacu pada jumlah yang Anda rencanakan untuk dibebankan pada pelanggan untuk membeli satu unit produk.
  • Psikologi penetapan harga: Penetapan harga dapat melibatkan proses pembuatan keputusan yang cukup rumit pada sisi konsumen dan ada banyak penelitian mengenai pemasaran dan psikologi mengenai bagaimana konsumen memandang harga.
  • Metode penetapan harga: Terdapat sejumlah aliran berbeda dalam cara menetapkan harga saat melaksanakan analisi BEP. Ini bisa berupa campuran antara faktor kualitatif dan kuantitatif. Jika Anda menciptakan produk unik dan baru, Anda harus mampu menetapkan harga premium tetapi jika Anda memasuki industri kompetitif, Anda harus tetap menjaga agar harga selaras dengan tingkatan yang terjadi atau mungkin bahkan menawarkan potongan harga untuk mendapatkan pelanggan agar mau beralih pada perusahaan Anda.
  • Satu strategi yang lazim digunakan ialah “penentuan harga berdasarkan biaya”, yang membutuhkan pemikiran mendalam mengenai berapa banyak yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu unit barang dan menetapkan harga hingga ke tingkatan tersebut dan margin laba yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pendekatan ini dihindari sebagian pebisnis karena memberikan celah bagi para pesaing yang bisa memproduksi dengan harga lebih rendah dari Anda bisa dengan mudah mengalahkan Anda dalam segi harga. Metode lainnya yakni “pembiayaan berdasarkan harga’ yang mendorong pemilik bisnis untuk ‘memulai dengan harga yang pembeli hendaki untuk bayarkan (saat mereka memiliki alternatif kompetitif) dan menyesuaikan biaya sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat harga. Dengan demikian jika Anda menghadapi pesaing baru, Anda bisa menekan harga dan masih tetap meneguk untung.
Formulanya:Jjangan khawatir karena perhitungannya sangat simpel. Untuk melakukan analisis BEP, tentukan biaya tetap, bagilah dengan harga yang Anda miliki, kurangi dengan biaya variabel. Sebagai satu persamaan, ini bisa dituangkan sebagai berikut:

Break Even Poin (titik impas) = biaya tetap (harga jual per unit - biaya variabel)

Kalkulasi ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa banyak unit produk yang Anda harus jual agar bisa mencapai titik impas (BEP). Setelah Anda mencapai titik itu, Anda bisa menutup semua biaya yang berhubungan dengan proses produksi produk Anda (baik yang tetap dan variabel).

Di atas titik BEP, setiap unit tambahan yang terjual mempertinggi laba berdasarkan jumlah margin laba per unit, yang ditentukan sebagai jumlah yang disumbangkan setiap unit untuk menutup biaya tetap dan menambah laba. Sebagai suatu persamaan, hal ini bisa didefinisikan sebagai:

Margin kontribusi unit = harga jual - biaya variabel
Mencatat informasi ini dalam sebuah lembar kerja akan memudahkan Anda untuk membuat penyesuaian saat biaya berubah nantinya, dan Anda juga harus mengatur berbagai opsi harga dan menghitung titik impas yang dicapai. Anda bisa menggunakan sebuah program seperti Goal Seek dari Excel jika Anda ingin memberikan Anda sendiri sebuah tujuan laba yang ditentukan, katakanlah 1 juta dollar, dan kemudian kembali bekerja untuk melihat berapa banyak unit yang Anda harus jual utnuk mencapai angka tersebut.

Kalkulator
Terdapat beberapa kalkulator online yang bisa digunakan untuk membantu Anda melakukan analisis titik impas:
  • Case Western Reserve University menawarkan kalkulator analisis BEP yang memasukkan ulasan istilah mikroekonomi yang relevan.
  • Kalkulator keuangan memungkinkan Anda untuk membuat grafik dan laba akan tampak di grafik.
  • Inc.com menawarkan kalkulator analisis BEP yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan penjualan tahuann seracar rinci dan biaya sampingan tahunan keseluruhan dan biaya penjualan dan memungkinkan pengguna melakukan delineasi periode perhitungan terperinci dalam hitungan minggu.

Batasan
Sangat penting untuk memahami makna di balik hasil analisis ini bagi Anda. Jika misalnya kalkulasi memberitahukan bahwa Ana akan mencapai titik impas saat Anda menjual unit ke 500 Anda, putuskan apakah hal itu mungkin tercapai. Jika Anda tidak yakin Anda bisa menjual unit ke 500 Anda dalam periode waktu yag masuk akal (yang ditentukan oleh situasi keuangan Anda, kesabaran dan ekspektasi pribadi), maka ini bisa jadi bukan bisnis yang tepat untuk Anda masuki. Jika Anda yakin bisa meraih target tersebut, tetapi dengan waktu yang lumayan lama, cobalah untuk merendahkan harga Anda dan menghitung dan menganalisis titik impas.

Sebagai penggantinya, amatilah biaya tetap dan variabel dan temukan bagian yang bisa dihemat.  Akhirnya, pahami bahwa analisis BEP ini bukan untuk meramalkan permintaan sehingga jika Anda berada di pasar dengan produk yang salah atau harga yang kurang pas, akan terasa sukar untuk mencapai titik impas. (*AP)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/16479-cara-mudah-hitung-titik-impas.html

1 comment:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete