Monday, May 28, 2012

Apakah Pesan Marketing Anda Konsisten?

Views :900 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 28 Mei 2012 14:29

Bagaimana Anda merangkai sebuah pesan marketing? terdaoat sejumlah layanan yang dapat membantu Anda menyebarkan pesan Anda keluar. Sebagian akan menciptakan pesan Anda dan yang melakukannya mungkin tidak menciptakan gambaran konsisten atau pesan yang Anda hendaki.

Pernahkah Anda menemui sebuah perusahaan yang seolah mengalami krisis jati diri? Ia menyampaikan pesan marketing yang berubah-ubah dari waktu ke waktu. Ternyata itu karena pesan tersebut dihasilkan oleh agen humas dan marketing yang berbeda-beda, dan celakanya masing-masing agen itu memiliki persepsi mereka sendiri mengenai perusahaan tersebut. Akibatnya, konsistensi pesan yang ditangkap konsumen pun melemah.

Mari kita cermati dari awal. Mengapa pertama-tama kita memerlukan sebuah pesan marketing yang konsisten?

Ini berkaitan dengan branding. Para politisi merupakan pakar branding terbaik. Mereka menyampaikan pesan yang sama berulang kali hingga individu/ entitas itu lekat dan tak terpisahkan dari pesan yang ia sampaikan. Saat Anda menyebut "restoran cepat saji", seketika Anda terpikir untuk menyebutkan "McDonalds'". Apa yang Anda sebutkan saat mendengar suatu nama, itulah pesan marketing. Makin mudah orang mengasosiasikan Anda, main kuat pesan itu.

Pesan marketing tak perlu panjang. Cukup 15 detik jika dibacakan. Bisa berupa slogan atau tagline yang bersuku kata sedikit dan mudah diingat. Pesan marketing menyampaikan apa, siapa, mengapa, dan mungkin di mana dan kapan dalam kata-kata yang singkat. Pesan marketing idealnya juga memiliki unsur psikologis dan emosional di dalamnya.

Pesan marketing bukan dimaksudkan untuk menjadi serangkaian label. Jika Anda melabeli diri dengan berbagai sebutan seperti "pakar", "ahli", dan sebagainya, Anda akan sulit dibedakan dari orang lain yang juga menjalani bidang yang sama. Padahal tidak seharusnya demikian. Pesan marketing seharusnya menyampaikan nilai yang Anda berikan pada pelanggan atau percakapan.

Kecuali Anda sangat kreatif, diperlukan bakat yang luar biasa untuk mendapatkan serangkaian pesan marketing yang konsisten dan efektif. Namun setiap startup atau pekerja profesional seharusnya mencoba dan mendefinisikan pesan marketingnya karena hanya Anda yang mengetahui apa yang akan Anda sampaikan pada dunia luar.

Berikut merupakan sejumlah pertanyaan yang bisa memandu dalam menemukan pesan marketing yang konsisten dan efektif. Mungkin tak terlihat sukar untuk dijawab tetapi tantangannya di sini ialah keharusan untuk dapat dijawab dalam waktu 15 detik saja. Lebih singkat lebih baik. Usahakan untuk membuat pesan marketing yang sederhana, tak terduga, konkret, kredibel, dan emosional. Tak seorang pun akan mengingat produk baru Anda jika pesan Anda hanya "lebih cepat, lebih murah dan lebih kuat".

  • Sebagai apa Anda ingin dikenal orang lain?
  • Apakah masalah yang dimiliki pelanggan atau audiens? Bagaimana pendapat Anda mengenai masalah mereka itu? Jangan jawab dengan menghakimi pendapat pelanggan atau perasaan mereka. Cukup rasakan saja. Bagaimana mereka ingin merasakan? Ini akan membantu Anda meresapi aspek emosional pesan itu.
  • Apakah solusi Anda? Tunjukkan pemahaman isu pelanggan dan kemampuan Anda untuk memecahkannya. Apakah solusi itu memberikan keutnungan yang menyenangkan dan jelas? Nilai apa yang diberikan solusi itu pada pelanggan?
  • Siapa audiens yang Anda bidik? Bidi dengan spesifik, jangan terlalu umum/ luas. Hasil apa yang sudah dicapai oleh pelanggan yang sama dengan mereka yang Anda bidik? Jika Anda belum punya pelanggan atau hasil nyata, mungkin Anda cukup lewati pertanyaan ini.
  • Apa yang membuat solusi Anda atau bisnis Anda unik? Apa yag membuat bisnis Anda berbeda dari pesaing?


Sekarang pikirkan apakah Anda mampu memadatkan semua pesan itu dengan:
  • Menciptakan sebuah frase, memodifikasi pernyataan klise dengan lebih kreatif, atau memberikan sebuah analogi yang menggelitik
  • Menunjukkan sebuah fakta menarik atau membuka wawasan
  • Menggunakan anekdot
  • Mendobrak asumsi umum
  • Menanyakan pertanyaan yang menarik
  • Memberikan sebuah pertentangan dengan membandingkan hal yang kontras

Setelah Anda menentukan apa yang Anda hendaki utnuk disampaikan dalam pesan marketing Anda, kemudian Anda dapat  merapikannya atau menyewa jasa penulis kreatif untuk memolesnya dan memberikan sentuhan profesional.(*AP)
(Gambar : graphicdesignblender.com)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/17211-apakah-pesan-marketing-anda-konsisten-.html

No comments:

Post a Comment