Monday, September 5, 2011

Menjadi Entrepreneur yang Visioner


Views :896 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 05 September 2011 16:28
Satu karakteristik penting dari entrepreneur yang sukses ialah kemampuan mereka untuk melihat gambaran yang lebih besar. Seorang entrepreneur bisa memprediksi dengan baik perubahan signifikan dalam pasar atau dalam masyarakat sebagai suatu kesatuan memiliki kelebihan tersendiri.

Pengertian lain dari “melihat gambaran yang lebih besar” ialah memandang perusahaan dari perspektif seluas mungkin sehubungan dengan hubungan dengan karyawan, pemangku kepentingan dan masyarakat sebagai satu kesatuan.

ent_vis0911Bill Gates, mantan CEO Microsoft, ialah salah satu orang pertama di dunia yang melihat bahwa komputer bisa menjadi sebuah produk rumah tangga yang universal. Seorang lulusan perguruan tinggi Harvard University mengenang: “Bill ialah salah satu orang pertama yang saya kenal yang memiliki konsep komputer yang berada di mana-mana. Ia memandang konsep tersebut sebagai suatu konsep masa depan. Ia juga berkata pada saya tentang konsep bahwa setiap orang bisa menyingkirkan buku dan bahan kertas dan mengakses semua hal yang mereka inginkan dengan menggunakan komputer, melakukan semua komunikasi dengan komputer.”

Siswa juga mengingat bahwa Gates membayangkan komputer pribadi akan ditemui di mana-mana seperti di rumah-rumah tetapi tidak di perkantoran.

Profesor Harvard Business School dan penulis Michael Beer menyusun sebuah penelitian tentang entrepreneur yang ia sebut sebagai perusahaan-perusahaan “Komitmen Tinggi Kinerja Tinggi”; perusahaan yang memegang posisi teratas di dalam industri mereka selama 10 tahun lebih dan dalam apa yang disebut Beer sebagai budaya “komitmen tinggi” telah diciptakan.

“Para CEO sangat berbeda dalam kepribadian, latar belakang dan gaya keentrepreneuran. Namun, mereka semua memiliki kesamaan dalam hal tujuan perusahaan. Mereka berbagi pandangan bahwa sebuah perusahaan memiliki tujuan yang lebih besar daripada hanya mencari laba dan meningkatkan harga saham, meskipun mereka semua sangat berfokus pada profitabilitas dan menganggapnya penting untuk mencapai tujuan yang lebih besar bagi perusahaan. Mereka memiliki pandangan yang mencakup banyak pemangku kepentingan dari perusahaan sebagai kebalikan dari pandangan pemegang saham. Tujuannya yaitu menambah nilai terhadap pegawai, pelanggan, komunitas dan masyarakat, bukan hanya pemangku saham. Para CEO ini bekerja dari kepercayaan dan prinsip mereka yang terdalam. Tujuan mereka ialah mewariskan sesuatu kepada perusahaan yang besar.”

Entrepreneur yang memiliki gambaran lebih besar sehubungan dengan perubahan pasar dan perubahan dalam masyarakat sebagai satu kesatuan memiliki kelebihan tersendiri dibanding pesaing lainnya. Entrepreneur dalam perusahaan yang paling berhasil terbiasa untuk memandang perusahaan sebagai sebuah kesatuan. Ia mempertimbangkan pegawai, konsumen dan setiap pemangku kepentingan serta pemangku saham lainnya. Para entrepreneur ini mempertimbangkan hubungan perusahaan dengan masyarakat dan memikirkan tujuan lebih besar yang dimiliki perusahaan. (*/Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/10856-menjadi-entrepreneur-yang-visioner.html

No comments:

Post a Comment