Thursday, September 1, 2011

7 Saran Entrepreneurial dari Dale Carnegie


PDF Cetak E-mail
Rabu, 31 Agustus 2011 10:37
dale_c0911Dale Carnegie ialah seorang pengajar terkenal dan penulis sekaligus pengembang kursus yang sangat populer dalam bidang pengembangan diri, keahlian menjual, pelatihan korporat, ketrampilan interpersonal, dan ketrampilan berbicara di depan publik.

Carnegie menulis buku pertamanya yang berjudul “How to Win Friends and Influence People”.  Buku itu menjadi best seller dan mempengaruhi pikiran banyak pembacanya.

Sejumlah prinsip yang dikemukakan Carnegie dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dijelaskan di bawah ini. Semuanya relevan dengan kehidupan entrepreneur yang penuh tantangan. Silakan menyimak.


Ubah reaksi untuk ubah perilaku orang lainSalah satu prinsip dasar dalam berhubungan dengan manusia lain adalah kemampuan untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain untuk berpikir/ bertindak sesuai apa yang kita inginkan. Namun di kehidupan nyata, tidak semudah itu.

Carnegie berargumen bahwa kita bisa mengubah perilaku orang lain terhadap Anda dengan mengubah reaksi Anda terhadap mereka. Renungkan, terapkan dan itu akan mengubah kehidupan Anda.


Diam timbulkan ketakutan

Diam membuat kita merasa ragu dan takut. Tindakan sebaliknya akan mendorong munculnya kepercayaan diri dan keberanian. Jika Anda hendak menaklukkan ketakutan (dalam berbisnis, misalnya),  jangan hanya duduk diam dan berpikir tentang hal itu. Keluarlah dan sibukkan diri Anda dengan kegiatan yang positif dan tepat.

Sibukkan diri Anda hari ini! Jika Anda punya ide bagus, ujilah ide itu di kehidupan nyata. Diam hanya akan membuahkan diam dan tindakan membuahkan tindakan. Satu hal yang bisa dipastikan ialah jika Anda ingin sukses, Anda harus melakukan tindakan-tindakan yang besar. Jadi isilah waktu Anda dengan kesibukan!

Kegagalan ialah batu pijakan menuju keberhasilan

Kembangkan keberhasilan dari kegagalan. Keputusasaan dan kegagalan ialah dua batu pijakan yang pasti mengantarkan kita menuju keberhasilan.

Sering kita jumpai orang-orang yang mengalami kekalahan paling besar juga menikmati kemenangan paling besar. Dalam dunia bisnis, kita ketahui banyak entrepreneur luar biasa sukses justru karena ‘kekalahan’ mereka di masa lalu yang teramat pahit.

Tentukan kebahagiaan Anda sendiri

Kebahagiaan bagi Carnegie tidak bergantung kepada kondisi eksternal apapun. Kebahagiaan ditentukan oleh sikap mental kita.

Kebahagiaan ialah keputusan, bukan berdasarkan pada apa yang terjadi di sekeliling kita. Apa yang ada di dalam diri kitalah yang lebih menentukan kebahagiaan. Kebahagiaan didasarkan pada pikiran yang kita pilih untuk perhatikan, pikiran yang kita pilih untuk miliki.

Carnegie berpendapat, “Kebahagiaan bukan apa yang Anda miliki atau siapa Anda atau di mana Anda atau apa yang Anda lakukan. Kebahagiaan ialah apa yang Anda pikirkan.”

Sebagai entrepreneur, jangan sampai kebahagiaan Anda sepenuhnya ditentukan oleh pencapaian finansial (meski itu krusial), atau melupakan kebahagiaan lain yang lebih hakiki, yaitu kebahagiaan spiritual.

Ingatlah tiap tindakan Anda menyampaikan pesan

Ada 4 cara manusia berhubungan dengan dunia. Kita dievaluasi dan dikelompokkan berdasarkan 4 jenis hubungan ini: apa yang kita lakukan, bagaimana kita terlihat, apa yang kita katakan dan bagaimana kita mengatakannya.

Tentukan pesan apa yang ingin Anda sampaikan ke dunia dan perbaiki diri Anda sehingga pesan itu bisa tersampaikan dengan baik ke dunia. Kirimkan pesan keberhasilan dan dunia akan menerimanya.

Lakukan yang Anda nikmati

Orang sangat jarang berhasil kecuali mereka benar-benar menikmati apa yang mereka lakukan. Jika Anda ingin berhasil, jangan lakukan pekerjaan (atau mendirikan bisnis) hanya untuk uang. Uang tidak bisa menjadi motivasi yang cukup kuat bagi seseorang untuk tetap berpegang teguh dalam usahanya di saat banyak kendala akan muncul. Jika Anda ingin berhasil, habiskan waktu kita untuk melakukan pekerjaan yang kita sukai. Dengan begitu saat Anda berhasil, Anda akan menikmati kesuksesan itu.

Raih peluang

Orang yang menjangkau paling jauh biasanya adalah mereka yang mau untuk bekerja dan memiliki keberanian. Anda harus meraih peluang. Kadang  Anda harus mengambil risiko untuk dipermalukan atau risiko mengalami kegagalan.

Keberhasilan membutuhkan semua hal dalam diri Anda. Anda harus menggunakan semua potensi diri. Beranilah untuk menjadi berbeda, beranilah untuk berhasil. Carnegie mengatakan, “Kita semua memiliki kemungkinan yang tidak pernah kita ketahui. Kita bisa melakukan berbagai hal yang bahkan kita tak pernah impikan sekalipun.”

Namun jika Anda berani, Anda tidak akan pernah mengetahui potensi apa dalam diri Anda. (*/Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/37-advise/10771-7-saran-entrepreneurial-dari-dale-carnegie-.html

No comments:

Post a Comment