Tuesday, December 4, 2012

Tak kenal usia, asal jangan takut ambil risiko

WIRAUSAHA: Tak kenal usia, asal jangan takut ambil risiko

Compact_ukm__28_ BOGOR: Sejumlah pensiunan dosen dan pegawai IPB mendapatkan materi kewirausahaan dari pakar wirausaha Musa Hubeis di Grha Widya Wisuda Kampus IPB Darmaga.

Dalam paparannya, Musa memotivasi pensiunan IPB agar tidak takut mengambil resiko dalam berbisnis atau berwirausaha.

“Berwirausaha itu tidak mengenal batas umur, lihat penggagas KFC (Kolonel Sanders aktif mewaralabakan KFC di usia 65) atau pencipta DELL (anak usia 14 tahun). Selain itu, berwirausaha tidak membuat umur menjadi pendek karena otak kita diajak untuk berpikir. Yang membuat umur pendek itu adalah hutang yang menumpuk,” ujarnya, Selasa (4/12).

Kunci utama dalam berbisnis, produk harus terstandarisasi nasional atau internasional, jika tidak maka tidak bisa “goes international”. Selain itu penggunaan bahan yang zero waste yang bisa di daur ulang dengan bantuan teknologi.

“Selain itu, ciptakan pasarnya dulu baru proses produksinya,” jelas Musa.

Selain materi tentang kewirausahaan, pada kesempatan tersebut, pensiunan IPB juga mendapatkan tawaran kerjasama dengan Agribusiness Development Center University Farm (ADC-UF) IPB. Kerjasama yang ditawarkan Kepala University Farm Anas D. Susila berupa pengembangan budidaya jambu Kristal.

“Kami sudah menciptakan pasarnya yakni beberapa mall di Jakarta dengan total permintaan per tahunnya 40 ton. Namun sampai saat ini, kami baru bisa memenuhinya sekitar 50%. Oleh karenanya dalam kesempatan ini, kami mengajak Bapak dan Ibu untuk dapat bekerjasama dengan kami,” ujarnya. (arh)

http://www.bisnis.com/articles/wirausaha-tak-kenal-usia-asal-jangan-takut-ambil-risiko

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum wr. wb. Peluang usaha / bisnis di negri ini memang sangat banyak, cuma kita kadang yang blum bisa menekuninya. Modal minimpun bisa apalagi yang sudah jutawan, tentu akan lebih mudah mncapai kesuksesan, yang penting didasari cinta n tekun berusaha. Walaupun usia sudah lanjut, kita masih bisa menjadi agen/distributor pupuk misalnya, seperti rekan2 kami. Atau mungkin bertani/ berkebun,atau beternak sapi,domba,unggas,ikan,dll. Alhamdulillah, sekarang sudah banyak yang sukses. Maka dari itu kami mengharap segenap masyarakat untuk bahu membahu mencapai sukses bersama. Dalam kesempatan ini kami menawarkan kerjasama untuk menjadi manajer ditiap kota, dengan produk formula bio organic, yang sudah GO INTERNATIONAL. Dan kami insya Allah siap , dengan pelatihan pertanian,peternakan,dan perikanan berkelanjutan (gratis). Team kami akan dengan senang hati berbagi, bagaimana cara membuat pupuk organik, pakan ternak dari gedebog pisang/jerami yang difermentasi 1jam,siap saji,bisa untuk persediaan pakan berbulan-bulan. Kita tidak lagi harus mencari rumput,cukup waktu panen kita ambil jerami sebanyak banyaknya..Bahkan kita bisa membuat pellet ikan organic yang murah dan mudah. Jika anda berasa dengan program kami, silakan hub. 085 329 329 575 // 087 848 340 043. Semoga bermanfaat bersama, amiin, terima kasih. Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete