Wednesday, December 5, 2012

Resep Membuat Produk yang Disukai Konsumen

Hits : 484 PDF Cetak E-mail
Senin, 03 Desember 2012 08:59
mike-krieger-20120409152547
Mike Krieger, salah satu pendiri Instagram, berpendapat Anda bisa membuat aplikasi yang sesuai dengan keinginan para konsumen di pasar dengan mengamati perkembangan selera masyarakat, bukan hanya menerka-nerka. Ia menerangkan pentingnya 8 trik tentang desain produk yang utama dalam event konferensi "500 Startups' Warm Gun". 
Pertama-tama, entrepreneur jangan hanya mengandalkan Internet untuk belajar. Krieger berkata,"Hanya karena Anda sudah menjelajahi Internet dengan Google untuk mencari sesuatu berarti Anda sudah belajar". Ia menekankan bahwa kita perlu sekali membuat sebuah produk yang memecahkan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. "Anda ingin mengenali orang lebih baik daripada mereka sendiri terhadap dirinya," ujarnya. Misalnya, jika Anda mencoba memperbaiki pengalaman konsumen saat berbelanja, Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi pengalaman belanja dan berperilaku konsumen sejauh ini. Kunjungilah toko dna amati bagaimana para pembeli berbelanja selama setidaknya 3 jam, saran Krieger.
Anda harus bisa menemukan sejumlah fakta penting, bukan hanya fakta acak yang tidak bermakna. Krieger mengatakan definisi kesukaannya mengenai pandangan ialah "Sesuatu yang Anda sangat sukai untuk diceritakan pada orang asing yang Anda temui di kereta".
Menurut Krieger, terdapat 8 prinsip desain produk yang perlu diterapkan agar ia menjadi sebuah produk yang disukai oleh banyak konsumen setelah diluncurkan ke pasar nantinya:
  1. Gunakan pengalaman dan pemahaman yang sudah dimiliki: Masalah paling besar ialah bahwa dalam startup sendiri, masalah-masalah itu justru dicari untuk dipecahkan. Kejarlah passion Anda dan Anda mungkin sudah memiliki sedikit banyak pengetahuan tentangnya.
  2. Miliki hipotesis mengenai bagaimana Anda membedakan diri dari yang lain: Miliki sebuah sudut pandang mengenai startup Anda. Mengapa sekarang ada kesempatan emas untuk itu?
  3. Jangan pernah membuat tanpa memiliki bayangan dan kesepakatan secara umum sebelumnya: Mike mengatakan ia dan pendiri Instagram lainnya Kevin Systrom berbincang di kafe dengan sebuah sketsa desain produk yang akan mereka buat, yang di dalamnya mereka memutuskan untuk menyingkirkan semua fiftur-fitur yang canggih dan terlalu rumit. Dengan demikian, Anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga serta pikiran. Daripada membuang waktu mengerjakan koding selama 3 minggu, lebih baik membuang 3 lembar kertas untuk itu, kata Krieger.
  4. Pelajari detil dan hal-hal 'remeh'nya: Mulai dengan pertanyaan-pertanyaan mendetil seperti : "Akankah orang ingin berbagi foto saat bepergian?" Setelah menghabiskan waktu seminggu meneliti, dan ternyata hasilnya positif dan gagasan produk pun dilanjutkan.
  5. Validasi dalam situasi sosial: "Kami memanggilnya 'Ujian di Bar'. Jika Anda tidak bisa menjelaskan kepada orang lain yang ada di sebuah bar yang Anda kunjungi, Anda harus menyederhanakannya," sarannya. Jangan hanya mengujinya dengan teman-teman Anda yang sudah  akrab dengan teknologi. 
  6. Ketahui kapan untuk melanjutkan: 'Pivot' atau yang didefinisikan sebagai 'berbalik arah dalam bisnis' ini banyak dihindari entrepreneur, tetapi jika sudah tidak ada pertanyaan yang tidak terjawab, saatnya untuk menjelajahi yang lain.
  7. Teknik "The Wizard Of Oz " untuk prototipe sosial: Anda tidak harus membuat semua hal pada awalnya.Anda bisa menjadi orang di balik layar. Krieger mengatakan ia dan Systrom menguji versi awal sebuah fitur yang akan memberitahu Anda kapan teman-teman bergabung dalam layanan itu. Daripada langsung membuat fitur ini, mereka secara manual mengirimkan notifikasi pada orang seperti sebuah bot yang mengatakan "Teman Anda sudah bergabung". Ternyata fitur ini tidak begitu berguna. Untungnya, tim Instagram belum mengerahkan tenaga dan waktunya melakukan coding untuk membuat fitur tersebut.
  8. Dapatkan dan pertahankan hubungan dengan audiens: Jangan menghabiskan waktu membuat sesuatu tanpa mengetahui apakah audiens benar-benar menginginkannya atau tidak.(techcrunch/*AP)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/21839-resep-membuat-produk-yang-disukai-konsumen.html

No comments:

Post a Comment