Thursday, December 6, 2012

5 Rahasia Sukses Susu Ultrajaya Dikenal Masyarakat Indonesia


Wiji Nurhayat - detikfinance
Kamis, 06/12/2012 08:52 WIB

img
Bandung - PT Ultrajaya Milk Industry Tbk (ULTJ) merayakan ulang tahun yang ke 40 tahun sebagai produsen susu cair segar di Indonesia. Beragam produk susu cair yang dihasilkan oleh Ultrajaya dikenal dengan baik di masyarakat.

Saat ini Ultrajaya merupakan salah satu produsen susu terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi 300 juta liter per tahun, dimana 90% total produksi ditujukan dan diserap oleh kebutuhan pasar dalam negeri. Sedangkan 10% ditujukan untuk pangsa pasar ekspor seperti negara Afrika khususnya Nigeria dan Saudi Arabia.

Head of Manajer Ultrajaya Muhthsawwar memberikan rahasia-rahasia sukses perusahaannya kepada detikFinance, Kamis (6/12/2012), terutama asalan mengapa produk susu cair Ultrajaya bisa diterima pangsa pasar baik domestik maupun mancanegara.


Susu Murni Berkualitas

img
Ultrajaya hanya menerima susu murni yang diperoleh baik melalui peternakan miliknya yaitu Ultra Peternak Bandung Selatan (UPBS) maupun Koperasi Peternak Bandung selatan (KPBS). Saat ini Ultrajaya memiliki 3.200 ekor sapi di UPBS di mana 1.600 adalah sapi yang produktif menghasilkan susu murni.

Per hari sapi-sapi yang berada di UPBS menghasilkan 25 liter susu murni/ekor. Per hari Ultrajaya menghasilkan 220.000 liter susu murni. Susu murni ini kemudian diseleksi dan didinginkan pada suhu 4 derajat Celcius selama diperjalanan agar tidak rusak serta terinfeksi bakteri.

Melakukan Pengujian

img
Susu yang telah diterima diuji secara lengkap. Kemudian pihak petugas peneliti susu Ultrajaya mencium fisik dari susu itu. Jika tercium bau yang bermasalah maka susu dipastikan akan ditolak. Selain itu penempatan susu murni di tempat dengan kondisi susu di atas 10 derajat Celcius dipastikan akan merusak fisik susu. Susu akan menjadi asam dan kualitas akan berkurang bahkan muncul bakteri yang membuat susu ini tidak layak untuk diolah menjadi sebuah minuman yang menyehatkan.


Teknologi Tinggi

img
Teknologi tinggi yang diterapkan oleh Ultrajaya yaitu Ultra High Temperature (UHT). Sterilisasi dilakukan dengan menggunakan mesin mixing dengan suhu 140 derajat Celcius dan hanya membutuhkan waktu 4 detik untuk melakukan pemanasan dan memastikan bakteri yang terkandung di dalam susu mati. Kemasan susu Ultra milk dikemas dengan kemasan Tentra pak yang terdiri dari 6 lapisan yaitu:
  • Lapisan pertama: plastik poliethilent,
  • Lapisan kedua: kertas,
  • Lapisan ketiga: plastik poliethilent,
  • Lapisan keempat: alumunium oil
  • Lapisan kelima: plastik poliethilent,
  • Lapisan keenam: plastik poliethilent.

Higienis

img
Produksi susu diolah dengan metode sterilisasi berteknologi tinggi yang selanjutnya dikemas dalam kemasan karton aseptic yang steril. Selain itu pengawasan mutu dilakukan sejak penerimaan bahan baku, selama proses produksi, selama penyimpanan di gudang, samapai pengiriman barang jadi.

Gudang juga dilengkapi dengan Automated Stroge dan Retrieval System yang dioperasikan sepenuhnya dengan sistem computer dan robot yang menjadikan seluruh proses higienis.


Akreditasi dan Sertifikasi

img
Ultrajaya menerapkan standar kontrol yang higienis tinggi di seluruh rangkaian proses produksi mulai dari awal hingga akhir untuk menjamin kualitas serta menjaga tingkat keamanan produk. Sejak 2009, Ultrajaya menerima akreditasi dan sertifikasi ISO 22000:2005 (food safety management system) untuk produk-produk UHT. tahun 2012, FSSC 22000 (Food Safety Certification) berhasil diperoleh Ultrajayahttp://finance.detik.com/read/2012/12/06/083946/2110733/1036/5-rahasia-sukses-susu-ultrajaya-dikenal-masyarakat-indonesia

No comments:

Post a Comment