Wednesday, November 21, 2012

Trik Buat Kompromi Bisnis yang Tak Akan Anda Sesali

Hits : 760 PDF Cetak E-mail
Selasa, 20 November 2012 13:45
Entrepreneur pasti mengetahui bahwa dalam menjalankan bisnis diperlukan banyak negosiasi atau perundingan dengan berbagai pihak. Dan saat dalam proses negosiasi, pasti ditemukan adanya ketimpangan jika dibandingkan prediksi sebelumnya. Bisa jadi kenyataannya lebih mudah atau lebih menantang.

Untuk setiap keputusan bisnis yang berimplikasi besar pada perusahaan Anda, kompromi dapat dipastikan harus ada. Mengetahui apa yang tidak bisa Anda dapatkan sama berharganya dengan mengatakan dengan jelas apa saja keinginan Anda. Namun, bagaimana Anda mengetahui kompromi yang mana yang bisa dilakukan dan yang mana yang tidak seharusnya dilakukan karena akan lebih banyak merugikan Anda?

Berikut adalah 3 trik untuk membedakan kompromi bisnis yang dapat dilakukan dan yang tidak seharusnya dilakukan:

Dapatkan masukan tentang pro dan kontra

Susunlah sebuah daftar yang memuat kelebihan dan kekurangan dan jangan lupa minta orang lain untuk memberikan pendapat mereka  mengenai konsekuensi masing-masing kompromosi bisnis. Dapatkan informasi yang lengkap mengenai seberapa berat atau ringan konsekuensi pilihan tersebut bagi Anda.

Seimbangkan jangka pendek dan jangka panjang

Tentukan apa yang bersedia Anda berikan atau korbankan dalam jangka panjang untuk keuntungan jangka pendek- dan sebaliknya.

Dapatkan dukungan

Walaupun Anda masih harus menimbang-nimbang segal konsekuensinya kelak, pikirkan pula mengenai siapa saja yang akan mendukung ide tertentu dan siapa saja yang akan menentangnya. Tanyakan dukungan siapa yang mutlak harus Anda dapatkan, dan sokongan serta partisipasi siapa yang sangat dibutuhkan. (*AP)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/21669-trik-buat-kompromi-bisnis-yang-tak-akan-anda-sesali.html

No comments:

Post a Comment