Friday, November 23, 2012

Ini 5 Tips Agar Usaha Bisa Menjadi Besar


Zulfi Suhendra - detikfinance
Rabu, 21/11/2012 13:03 WIB
Jakarta - Untuk mengembangkan sebuah usaha kecil atau menengah menjadi besar bukanlah hal mudah. Tapi ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika ingin membuat usaha menjadi besar. Apa saja?

Ketua Green Purchasing Network Indonesia Handito Joewono mengatakan, ada 5 langkah utama dan 1 faktor pendorong sebuah usaha agar menjadi berskala besar. Langkah yang pertama harus diambil sebuah pelaku industri ialah perluasan pasar.

"Jadi sebuah industri jangan fokus di pasar tertentu saja. Kalau sudah ada pasar di dalam negeri dibuat lebih intensif lagi. Dan juga masuk ke pasar ekspor," ungkap Handito di acara Indonesia Innovations and Competitveness Summit di Gedung Smesco Kementerian Koperasi dan UKM, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (21/11/12).

Dia melanjutkan, sebuah industri harus berani melakukan diversifikasi bisnis. "Yang kedua itu diversifikasi bisnis. Contoh, Sinarmas, yang kita amati Sinarmas ini kokoh karena punya bisnis yang beragam," jelasnya.

Ketiga, lanjut Handito adalah pengelolaan perusahaan atau corporate governance. Dia mengatakan, seorang pioneer sebuah industri memiliki peran sangat penting untuk mengembangan usaha dalam tahap skala kecil menuju menengah.

"Ada pengelolaan perusahaan yang baik. Jadi perusahaan kecil sampai menengah itu tergantung pada sikap pendirinya. Pada saat menjadi besar, enterpreneurship ini perlu dikembangkan ke direksi, manajer, karyawan. Kalau perusahaan tidak punya, maka perusahaan jalan begitu saja. Jalan ya jalan saja," paparnya.

Kemudian keempat adalah pengembangan teknologi. Menurut Handito, teknologi merupakan faktor yang cukup penting dalam mengembangkan usaha. Dia mengatakan, jika sebuah industri terkendala dalam tahap ini, diharapkan pemerintah dapat membantu dengan pemberian insentif.

"Perusahaan yang belum besar, kemampuan di sini terbatas. Mudah-mudahan pemerintah memberikan insentif teknologinya. Korea selatan negara paling besar yang memberikan insentif teknologi terhadap industri. Tidak heran kemajuan industrinya luar biasa," lanjutnya.

Langkah kelima adalah sebuah perusahaan perlu menjaga aset dan mengelolanya dengan baik. Jadi tak hanya mengelola pendapatan saja. Handito menjelaskan, aset suatu perusahaan itu terbagi menjadi 2, yaitu tangible asset (aset yang dapat disentuh) dan intangible asset (asset yang tak dapat disentuh).

Semua langkah itu harus didorong oleh sebuah inovasi. Adalah sebuah kewajiban menurut Handito untuk menerapkan suatu inovasi terhadap setiap industri. Jika tidak, daya saing akan semakin melemah.

"Innovation (inovasi) ternyata buat industri Zaman sekarang itu wajib. Itu bisa inovasi produk, proses, manajemen. Yang penting membuat sesuatu yang baru, yang kreatif dan juga diimplementasikan," cetusnya.



(zul/dnl)
http://finance.detik.com/read/2012/11/21/130347/2096897/1036/ini-5-tips-agar-usaha-bisa-menjadi-besar

No comments:

Post a Comment