Hits : 1698 |
Jumat, 16 November 2012 13:58 |
Bagi para
entrepreneur maupun pendiri startup, memulai menerapkan dasar-dasar
komunikasi dalam bisnis mereka adalah alat utama untuk menjalankan roda
bisnis. Komunikasi meliputi semua hal dari hubungan kerja yang baik dan
harmonis dengan para rekan pendiri, sesama entrepreneur dan pegawai yang
bernaung dalam startup, bahkan hingga melibatkan diri dalam percakapan
santai bersama dengan pelanggan atau konsumen.
1.Mengkomunikasikan
dengan basis pengguna Anda ialah penting tentunya tetapi pendiri
startup seharusnya dihindari dengan membombardir pengguna dengan
informasi. Banyak sekali pengikut jejaring sosial tidak secara otomatis
sama dengan pelanggan setia. David Hillier, pendiri startup "Donate Your
Desktop", mengatakan bahwa kesalahan terbesar yang ia lakukan ialah
terlalu mengandalkan basis pengikut jejaring sosial yang terlihat besar.
Terbukti bahwa jejaring sosial merupakan alat yang mengagumkan untuk
menghubungkan startup dengan konsumennya tetapi banyak gangguan juga di
sana yang bisa mengalihkan mereka dari bisnis Anda.Mulailah percakapan
dengan konsumen daripada hanya mengandalkan komunikasi satu arah. Bisa
dikatakan, ribuan likes di Facebook belum tentu berarti ribuan produk
akan terjual. Mungkin saja hanya ratusan atau puluhan yang terjual.
2.
Tekad untuk belajar dari orang lain juga sama pentingnya dengan
menginformasikan model bisnis Anda. Mungkin akan ada banyak orang yang
sudah berpengalaman lebih dulu dari Anda dan mereka yang sama-sama
menjalani jalur yang serupa. Mereka ini bisa memberikan nasihat dan kiat
atau memberikan Anda peluang untuk berbagi ide dengan mereka. Max
Marty, pendiri BlueSeed, mengatakan ia sangat mengandalkan ketrampilan
berkomunikasi untuk melontarkan idenya ke orang lain yang berada dalam
situasi yang sama. Mampu menjalin hubungan dengan mereka yang cerdas,
mau bekerja keras dan berpikiran sama merupakan salah satu jalan untuk
memupuuk sukses.
Mencari
bantuan ke sekitar Anda juga tidak perlu dianggap sebagai sesuatu yang
harus dihindari. Meminta nasihat pada mereka yang sudah berpengalaman
akan memberikan penyegaran sudut pandang dan pemikiran sehingga risiko
kesalahan akan lebih rendah. Banyak entrepreneurmengakui betapa mereka
menyesali karena di awal karirnya tidak meminta lebih banyak nasihat
dari orang yang berpengalaman.
3. Komunikasi
juga bisa menjadi kunci dalam memotivasi Anda terus menerus.
Menjalankan startup bisa jadi sebuah pekerjaan yang membuat kesepian
jika Anda tidak memiliki rekan pendiri dan Anda kurang bisa mendapatkan
pertimbangan saat bingung mencari masukan yang kredibel. Percakapan
dengan basisi pengguna Anda dapat menjadi sandaran untuk mendapatkan
masukan yang lebih tepercaya. Seorang entrepreneur mengakui betapa
bergunanya email yang dikirimkan dari para pelanggan.
Masukan
positif sangat penting saat Anda mencoba meyakinkan industri tertentu
untuk mengubah cara berpikir, atau melakukan rencana. Masukan dari
pelanggan telah memberikan keyakinan untuk mengejar tujuan meskipun
bertentangan dengan opini mayoritas dalam industri yang ditekuni.(*AP)
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/21595-seni-percakapan-komunikasi-bisnis-sebagai-ketrampilan-esensial-berbisnis.html
|
No comments:
Post a Comment