Tuesday, November 6, 2012

Perencanaan Bisnis yang Ideal

Hits : 100 PDF Cetak E-mail
Selasa, 06 November 2012 14:15
biz_planUntuk memastikan apa yang Anda rencanakan dapat selalu terwujud, ada beberapa hal terpenting yang perlu diperhatikan :
Pertama, kita perlu mengenali posisi atau keberadaan Anda sekarang, serta tujuan yang ingin dicapai. Tanpa mengetahui dengan pasti kondisi dan tujuan yang ingin diraih, perencanaan yang Anda buat akan sia-sia. Mengapa itu bisa terjadi, karena tidak ada kejelasan mengenai tujuan dan titik awal untuk memulai bisnis.
Kedua, Anda harus bersikap realistis. Jangan membuat sebuah perencanaan yang rumit dan berlebihan. Buatlah perencanaan yang sebagus mungkin.
Ketiga, pastikan Anda melakukan perencanaan secara detail dan sistematis. Semakin detail perencanaan yang Anda buat, maka peluang perwujudan rencana tersebut menjadi semakin besar.
Keempat, Anda perlu membuat beberapa perencanaan dengan tujuan yang sama, inilah yang disebut sebagai perencanaan rangkap.
Kelima, pastikan Anda mempunyai orang-orang yang dapat memberi input, atau masukan, sehingga dapat membantu mencapai rencana bisnis yang akan Anda jalani. Semakin banyak orang yang menolong Anda dalam membuat perencanaan bisnis, maka semakin baik rencana bisnis tersebut. Bicara mengenai perencanaan bisnis yang ideal, alangkah indahnya jia Anda membuat perencanaan setiap 6 bulan sekali, tapi tujuan besar yang ingin diraih minimal harus direncanakan dalam kurun waktu 3-5 tahun ke depan.
Selain itu, tujuan besar yang ingin Anda raih tersebut, harus mulai diuraikan dengan apa yang Anda raih setiap 6 bulan atau satu tahun. untuk hal tersebut akan menolong Anda untuk mengevaluasi apakah perencanaan berjalan sesuai dengan yang direncanakan atau mungkin bisa sebaliknya.
Sebenarnya, selama Anda membuat perencanaan serealistis, sedetil dan sesistematis mungkin, apalagi jika Anda membuat perencanaan setiap 3-6 bulan dan perencanaan tersebut dibagi lagi menjadi satu bulan, maka akan jauh lebih mudah untuk mengevaluasi perencanaan yang Anda buat.
Pastikan Anda merencanakan hidup dengan baik, karena perencanaan bisnis yang baik, akan menghasilkan kesuksesan yang baik juga. Orang yang gagal membuat perencanaan adalah orang yang sedang merencanakan kegagalannya. (*DI)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/21407-perencanaan-bisnis-yang-ideal.html

No comments:

Post a Comment