Metta Pranata - detikfinance
Jumat, 10/08/2012 14:28 WIB
Jakarta - Zaman sekarang kemampuan kaum
perempuan tak kalah hebatnya dengan kaum pria di dunia kerja. Tapi ada
beberapa fakta dan penyebab yang membuat wanita kerap kalah bersinar
dengan rekan kerja pria di kantor. Pelatih spesialisasi bisnis
komunikasi dan kepimpinan, Vimmella Bendall berbagi tips untuk para
wanita karir yang ingin lebih bersinar di kantor.
Apa sajakah
tips dari Bendall yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun ini?
Berikut 10 tips untuk para wanita yang ingin bersinar di tempat
kerjanya, seperti dilansir dari DivaAsia, Jumat (10/8/2012):
1. Jadilah sosok yang tangguh, tapi jangan macho
Tangguh berarti berani membuat keputusan, bertindak dan
teguh memegang pendapat tanpa menjadi agresif. Aktif meminta laporan
hasil dari anggota tim, berjuang meminta bujet yang lebih besar,
mengatakan apa yang perlu Anda katakan dan lakukan apa yang perlu Anda
lakukan tanpa mengorbankan integritas Anda.
2. Jadi wanita pemberani
Keberanian di tempat kerja adalah mengenai pengambilan
sikap dan menghadapi resiko. Turut andil dalam menciptakan prestasi.
Ketika menerima promosi atau kenaikan gaji, tanggapi dengan menyebutkan
kualitas dan keunggulan yang Anda suguhkan.
Jelaskan bagaimana
Anda akan menggunakan keunggulan-keunggulan tersebut untuk membuat
perusahaan lebih baik atau mendapatkan proyek yang diincar. Mendapat
promosi bukanlah hadiah. Anda telah bekerja keras dan layak
mendapatkannya.
Ketika Anda gagal mendapat imbalan atas prestasi
Anda, otomatis semangat Anda pelan-pelan akan luntur. Semakin banyak
wanita menunjukkan keberanian di tempat kerja, maka sikap seperti itu
lama-lama tidak akan dipandang sebagai sesuatu yang aneh atau tidak
biasa lagi.
3. Siap memegang kendali
Berhenti mengeluh dan lakukan sesuatu mengenai hal-hal
yang sebenarnya tidak Anda senangi. Pastikan Anda menyelesaikan setiap
perbincangan dengan merasa berdaya dan di waktu yang bersamaan membuat
lawan bicara merasakan hal yang sama.
4. Perbarui kemampuan Anda
Kejarlah kesempatan untuk mengemban pendidikan lagi
khususnya di bidang komunikasi, manajemen pribadi dan pengambilan
keputusan. Melanjutkan pendidikan membuat kemampuan Anda tidak
kadaluarsa, apalagi di bidang kemampuan komunikasi dan berbicara.
5. Berani bicara
Lakukan banyak hal berbeda, jalani dan nikmati hidup
sepenuhnya, kembangkan pengetahuan dan pengalaman Anda. Jadilah sosok
yang menarik dan memiliki kemampuan untuk mendiskusikan nyaris topik apa
pun.
Datang ke wawancara kerja bahkan meskipun Anda tidak
menginginkan posisi itu, lakukan gerakan lateral. Kesempatan datang
tiba-tiba dan kerap tersamarkan. Komit untuk membuat satu kontribusi
pada setiap meeting. Beberapa wanita lebih memilih menunggu hingga
dipanggil atau mengalami kesulitan ketika disuruh tampil.
Kadang perlu menginterupsi supaya suara Anda didengar. Lakukan saja. Anda harus didengar agar diperhitungkan.
http://finance.detik.com/read/2012/08/10/142843/1988360/4/10-tips-bagi-wanita-yang-ingin-karirnya-bersinar
No comments:
Post a Comment