Sunday, November 11, 2012

10 Tips Bagi Wanita yang Ingin Karirnya Bersinar


Metta Pranata - detikfinance
Jumat, 10/08/2012 14:28 WIB

img
Jakarta - Zaman sekarang kemampuan kaum perempuan tak kalah hebatnya dengan kaum pria di dunia kerja. Tapi ada beberapa fakta dan penyebab yang membuat wanita kerap kalah bersinar dengan rekan kerja pria di kantor. Pelatih spesialisasi bisnis komunikasi dan kepimpinan, Vimmella Bendall berbagi tips untuk para wanita karir yang ingin lebih bersinar di kantor.

Apa sajakah tips dari Bendall yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun ini? Berikut 10 tips untuk para wanita yang ingin bersinar di tempat kerjanya, seperti dilansir dari DivaAsia, Jumat (10/8/2012):

1. Jadilah sosok yang tangguh, tapi jangan macho

img
Tangguh berarti berani membuat keputusan, bertindak dan teguh memegang pendapat tanpa menjadi agresif. Aktif meminta laporan hasil dari anggota tim, berjuang meminta bujet yang lebih besar, mengatakan apa yang perlu Anda katakan dan lakukan apa yang perlu Anda lakukan tanpa mengorbankan integritas Anda.

2. Jadi wanita pemberani

img
Keberanian di tempat kerja adalah mengenai pengambilan sikap dan menghadapi resiko. Turut andil dalam menciptakan prestasi. Ketika menerima promosi atau kenaikan gaji, tanggapi dengan menyebutkan kualitas dan keunggulan yang Anda suguhkan.

Jelaskan bagaimana Anda akan menggunakan keunggulan-keunggulan tersebut untuk membuat perusahaan lebih baik atau mendapatkan proyek yang diincar. Mendapat promosi bukanlah hadiah. Anda telah bekerja keras dan layak mendapatkannya.

Ketika Anda gagal mendapat imbalan atas prestasi Anda, otomatis semangat Anda pelan-pelan akan luntur. Semakin banyak wanita menunjukkan keberanian di tempat kerja, maka sikap seperti itu lama-lama tidak akan dipandang sebagai sesuatu yang aneh atau tidak biasa lagi.

3. Siap memegang kendali

img
Berhenti mengeluh dan lakukan sesuatu mengenai hal-hal yang sebenarnya tidak Anda senangi. Pastikan Anda menyelesaikan setiap perbincangan dengan merasa berdaya dan di waktu yang bersamaan membuat lawan bicara merasakan hal yang sama.

4. Perbarui kemampuan Anda

img
Kejarlah kesempatan untuk mengemban pendidikan lagi khususnya di bidang komunikasi, manajemen pribadi dan pengambilan keputusan. Melanjutkan pendidikan membuat kemampuan Anda tidak kadaluarsa, apalagi di bidang kemampuan komunikasi dan berbicara.

5. Berani bicara

img
Lakukan banyak hal berbeda, jalani dan nikmati hidup sepenuhnya, kembangkan pengetahuan dan pengalaman Anda. Jadilah sosok yang menarik dan memiliki kemampuan untuk mendiskusikan nyaris topik apa pun.

Datang ke wawancara kerja bahkan meskipun Anda tidak menginginkan posisi itu, lakukan gerakan lateral. Kesempatan datang tiba-tiba dan kerap tersamarkan. Komit untuk membuat satu kontribusi pada setiap meeting. Beberapa wanita lebih memilih menunggu hingga dipanggil atau mengalami kesulitan ketika disuruh tampil.

Kadang perlu menginterupsi supaya suara Anda didengar. Lakukan saja. Anda harus didengar agar diperhitungkan.




http://finance.detik.com/read/2012/08/10/142843/1988360/4/10-tips-bagi-wanita-yang-ingin-karirnya-bersinar

No comments:

Post a Comment