Monday, November 12, 2012

Ini Tips Menjadi Pengusaha Sukses dari Salah Satu Orang Terkaya RI


Ramdhania El Hida - detikfinance
Senin, 12/11/2012 13:15 WIB
Jakarta - Pengusaha Chairul Tanjung menyebutkan satu kunci kesuksesan yang menjadi acuan bisnisnya. Kunci sukses tersebut adalah membeli masa depan dengan harga sekarang. Maksudnya, seorang pengusaha harus bisa membaca tren masa depan.

Demikian disampaikan Chairul dalam acara Global Enterpreneurship Week di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (12/11/2012).

"Setelah lebih 20 tahun jadi pengusaha, saya bisa memberi tahu satu hal untuk sukses. Anda akan sukses kalau anda bisa beli masa depan dengan harga sekarang. Caranya harus mengetahui tren apa yang akan terjadi, kalau mengetahui tren dan membelinya sekarang maka akan sukses," ujar Bos CT Corp ini.

Chairul mengambil contoh, Tirto Utomo, pemilik merek air mineral Aqua.

"Tahun 70-an, air minum tidak diperjualbelikan. Tirto Utomo, percaya air akan diperjualbelikan, dia jual air lebih mahal dari bensin. Hari itu orang pikir dia orang gila. Sekarang, mau beli air mineral di warung saja bilangnya Aqua, walaupun yang dikasih merek lain," ceritanya.

Untuk itu, pengusaha yang masuk jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes ini mengatakan dengan melihat perkembangan ekonomi di mana pendapatan per kapita masyarakat akan mencapai US$ 10 ribu, gaya hidup masyarakat akan berubah. Para wirausaha harus mampu memperkirakan perubahan gaya hidup ini untuk menentukan bisnis yang akan dijalani.

"Jadi nanti jangan jual beras, nanti orang makin kaya, konsumsi beras kurang, karena takut makin gemuk, makin cepet mati, takut dia, tapi jual daging karena konsumsinya nanti akan meningkat," tandasnya.




(nia/dru)
http://finance.detik.com/read/2012/11/12/131050/2089214/4/ini-tips-menjadi-pengusaha-sukses-dari-salah-satu-orang-terkaya-ri

No comments:

Post a Comment